PJ Bupati Gomar Hadiri Pencanangan Pembagian 10 Juta Bendera Yang Dibuka Mendagri Tito Di Merauke


Mendagri Tito Karnavian melakukan pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera secara nasional dimulai dari Merauke, Jumat (12/8/2022)

MERAUKE, BM

Penjabat Bupati Kabupaten Mappi, Michael R. Gomar menghadiri gerakan pencanangan pembagian 10 juta bendera yang diinisiasi oleh Kementeriaan Dalam Negeri (Kemendagri).

Gerakan pencanangan 10 juta bendera dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022 ini dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Merauke, Jumat (12/08/2022).

Kegiatan ini juga dihadiri Sekda Provinsi Papua Ridwan Rumasukun, serta sejumlah kepala Daerah diantaranya Bupati Merauke, Bupati Asmat, Bupati Boven Digoeldan PJ Bupati Lani Jaya.

Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan, pembagian 10 juta bendera merah putih dilakukan untuk menyemarakkan perayaan HUT ke-77 RI tahun ini.

Selain itu untuk dan menggelorakan semangat nasionalisme sebagai negara yang plural dimana walau berbeda suku ras dan agama namun tetap mengikat dalam Bhineka Tunggal Ika.

Kata Tito, gerakan pembagian 10 Juta bendera Merah Putih dilakukan di 3 titik yakni Kabupaten Merauke, Kota Banda Aceh dan Surabaya Jawa Timur.

“Keberagaman adalah kekayaaan kita, kegiatan ini dimaknai sebagai momentum untuk memupuk rasa cinta terhadap bangsa dan negara,” ujarnya.

Ia menuturkan, Provinsi Papua menjadi propinsi pertama yang dikunjungi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian dalam Negeri ini bertujuan untuk menggugah rasa kecintaan terhadap tanah air.

“Saya berterimakasih kepada para bupati yang hadir pada kegiatan hari ini. Pencanangan pembagian 10 juta bendera ini saya memilih sendiri untuk menghadiri acara seremonialnya di Papua,” tukasnya.

Dukung Gerakan Ini, Pemda Mappi Sudah Bagikan 2000 Bendera Merah Putih Kepada Masyarakatnya

Namun perlu diketahui, bahwa sebelum pencanganan 10 juta bendera ini diresmikan oleh Mendagri Tito Karnavian di Merauke, Pemda Mappi terlebih dahulu melakukan pencanangan serupa bagi masyarakatnya.

 

Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar bersama rombongan saat melakukan konvoi ke empat kampung untuk membagikan 2000 bendera kepada masyarakat, Minggu (7/8/2022)

Pada Minggu (7/8/2022), dengan menempuh jarak 20 kilometer, PJ Bupati Asmat bersama jajarannya, forkompinda, IMI dan organisasi lainnya menyusuri beberapa kampung untuk membagi 2000 bendera merah putih kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan guna membangkitkan semangat dan rasa nasionalisme masyarakat Mappi agar semakin mencintai merah putih dan NKRI.

Dengan jarak tempuh yang cukup jauh bahkan kondisi jalan yang licin dan becek akibat hujan, tidak menyurutkan semangat orang nomor satu di Mappi bersama rombongan mendatangi 4 kampung menggunakan sepeda motor untuk membagikan 2000 bendera merah putih.

Empat kampung yang didatangi PJ Bupati Mappi bersama rombongan adalah Kampung Ima dan Kampung Agam Distrik Nambioman Bapai serta Kampung Soba dan Kampung Dagimon Distrik Obaa.

Kepada masyarakat PJ Bupati, Michael R. Gonar S.STP,M.Si menyampaikan bahwa touring konvoi merah putih dilakukan dalam rangka mendukung gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih. Gerakan ini merupakan agenda nasional yang dikomandani oleh kementerian dalam negeri.

“Jadi dalam rangka menyongsong HUT RI ke-77 tahun ini, pemerintah pusat memerintahkan untuk membagikan 10 juta bendera merah putih. Dan untuk kita Kabupaten Mappi kita bagikan 2000 bendera,” ucapnya.

PJ Bupati Mappi meminta agar bendera yang telah dibagikan dipasang atau di tanam di depan rumah masing-masing warga.

“Kami ucapan terimakasih atas penyambutan luar biasa dari semua masyarakat. Penyerahan bendera merah putih ini dilakukan untuk semakin meningkatkan rasa cinta tanah air serta memupuk rasa solidaritas dan persaudaraan terutama kepada generasi penerus kita," ungkapnya saat itu. (Red)

Top