Tiga Hal Ini Kapolres Mimika Laporkan kepada Presiden Jokowi

Kapolres, Dandim, pimpinan satuan dan perwakilan anggota DPRD Mimika saat mengikuti upacara secara virtual

MIMIKA, BM

Dalam upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-75 yang dilaksanakan secara virtual, Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, S.IK menyampaikan 4 poin penting secara langsung kepada Presiden RI, Ir Joko Widodo, diruang vicon Mako Polres Mimika 32, Kamis (1/7).

Hal pertama yang disampaikan adalah situasi kantibmas secara keseluruhan di wilayah Mimika. Kedua, singergitas Polres bersama TNI dan satuan yang bertugas di Mimika dan ketiga, terbentuknya 76 Pos Peka.

"Tadi kami Polres Mimika diberikan kesempatan berkomunikasi langsung dengan bapak Presiden Jokowi. Presiden bertanya dan saya menjawab  serta menyampaikan tiga hal secara langsung kepada beliau," ungkapnya saat memberikan sambutan dalam acara syukuran HUT Bhayangkara ke 75.

Dijelaskan kapolres, saat berkomunikasi dengan presiden, ia menyampaikan bahwa Mimika saat ini lebih kondusif dibandingkan beberapa waktu lalu.

Kapolres mengatakan beberapa tahun lalu, Timika dikenal dengan sebutan Tiap Minggu Kacau. Namun sekarang, Timika disebut dengan Tiap Minggu Kunjungan kunjungan dan Tiap Minggu Aman.

"Jadi semua ini tercipta bukan karena Polisi dan TNI saja namun juga karena peran dan dukungan semua masyarakat. Saya tadi laporkan bahwa warga Mimika sudah sadar akan pentingnya rasa aman dan mulai sadar akan pentingnya penegakan hukum, tapi secara tepat dan terukur," jelas Era.

Selain itu Kapolres juga menyampaikan bahwa harmonisasi antara Polsi dan TNI serta beberapa satuan yang bertugas di Mimika juga menjadi kunci kondusifnya Mimika saat ini.

"Kebetulan tadi saya sampaikan kepada bapak presiden bahwa pelaksanaan tugas oleh satuan tugas yang ada di Timika berjalan sinergis. Ini terlihat dimana kadang kita rutin berkumpul untuk menginput data intelijen dan menyikapi berbagai persoalan dan kemungkinan yang ada," ungkapnya.

Kepada Presiden Joko Widodo, Kapolres Era juga mengatakan bahwa salah satu upaya dalam menjaga solidaritas, keamanan dan kenyamanan masyarakat di Mimika adalah dengan membentuk Pos Peka.

Keberadaan Pos Peka yang sudah dibangun Polres Mimika, seperti disampaikan kapolres sangat membantu kepolisian dalam menjaga kamtibmas di wilayah Timika.

"Anggota Polres Mimika yang dinas rutin sekitar 300 personil untuk menjaga situasi wilayah kota Timika saat ini. Sekarang sudah ada 109 Pos Peka. Bisa dibayangkan tiap malam mereka jaga minimal 5 orang berarti 500 masyarakat yang menjaga Timika setiap malam," ungkapnya.

Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021 ini mengusung tema "Tranformasi Polri yang presisi dukung percepatan penanganan Covid-19 untuk Masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju".

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya yang juga diikuti BeritaMimika secara virtual, meminta agar Polri jangan lengah dalam menjalankan tugas pokok.

"Polri jangan lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat dan penegakan hukum. Polri juga jangan lengah dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masarakat," ujarnya.

Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi (iptek) saat ini, ancaman terhadap masyarakat dan negara juga semakin komplek. Polisi harus terpadu menguasai iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan.

"Saya juga mau ingatkan bahwa penggunaan kewenangan polri daam melakukan pengungkapan, penangkapan, pengeledahan dan penahanan serta lainnya harus dilakukan secara bijak dan bertangunggjawab. Ingat, negara kita adalah negara Pancasila, demokrasi dan negara yang menjunjung tinggi hak asasi manusia," tegasnya.

Sementara itu, mewakili seluruh komponen masyarakat Mimika, anggota DPRD Mimika, Tanzil Azhari mengucapkan dirgahayu Bhayangkara ke-75 tahun 2021 kepada seluruh polisi terutama yang bertugas di Mimika.

Secara khusus ia meminta agar seluruh anggota Polres Mimika lebih profesional dan modern dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tanzil juga mengatakan Mimika adalah daerah yang majemuk dan merupakan miniatur Indonesia sehingga peran polisi haruslah lebih komplit dalam menjaga, mengayomi dan melindungi masyarakat.

"Selamat hari Bhayangkara, maju terus Polisi Indonesia. Terimakasih selalu setia menemani masyarakatmu. Ini harapan masyarakat, Polisi tidak boleh ringan tangan dan tidak boleh kasar terutama dalam pelayanan. Kita juga berharap selalu ada perhatian lebih dari kepolisian untuk generasi milenial saat ini, terutama di Mimika karena mereka adalah masa depan Indonesia, Papua dan Mimika," ungkapnya. (Ignas)

Top