Hujan Deras Tiba-Tiba Berhenti, Ketika Jenazah Wagub Klemen Tinal Tiba di Negerinya Mimika

Jenazah Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal saat tiba di Moses Kilangin Timika

MIMIKA, BM

Selepas hujan membasahi Timika, Jenazah Almarhum Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal tiba di Hanger Bandara Moses Kilangin pukul 13.20 Wit menggunakan pesawat Hercules.

Sebelum kedatangan jenazah, hujan deras siang tadi sempat mengguyur Timika terutama di seputaran areal bandara Moses Kilangin.

Hujan deras yang kemudian berhenti ketika jenazah tiba di Timika, seakan menunjukan bahwa alam di negeri ini ikut berduka atas kehilangan dan kepulangan putera terbaiknya ke pangkuan Allah Yang Maha Kuasa.

Kedatangan jenazah amarhum di Timika diantar langsung oleh dua saudara almarhum, Yansen Tinal dan Trifena Tinal bersama Sekda Papua, Dance Flassy.

Rombongan di sambut Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Wakil Bupati Johannes Rettob, Sekda Michael Gomar, Wakil Ketua I DPRD Aleks Tsenawatme, Wakil Ketua II Yohanes Felix Helyanan, Kapolres AKBP I Gusti Gde Era Adhinata dan Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya serta Direktur PTFI Claus Wamafma.

Hadir pula Ketua TP PKK Mimika, Ny Kalina Omaleng, Wakil Ketua I, Ny Suzy Herawaty Rettob, Forkompinda, anggota DPRD, pimpinan OPD, anggota DPD II Partai Golkar dan keluarga almarhum.

Sebelum dilakukan upacara militer penyerahan dan penerimaan jenazah, rombongan dan pemerintah daerah menunggu kedatangan isteri almarhum Wagub Klemen, Yolanda Tinal didampingi Ibu Gubernur Yulce Wenda Enembe bersama keluarga besar almarhum yang tiba ke Timika menggunakan pesawat Garuda.

Setelah keluarga besar tiba dengan Garuda pukul 14.20 Wit, dilakukan upacara penyerahan dan penerimaan jenazah secara militer. Jenazah kemudian diserahkan oleh keluarga diwakili Yancen Tinal kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Bunyi genderang sangkakala Batalyon 754 didampingi anggota Lanud, Lanal, Paskas, Polisi dan Kodim 1710 Mimika menggema menutupi kesedihan dan air mata yang terurai di momen ini.

Di momen ini, Bupati Mimika Eltinus Omaleng bertindak sebagai Inspektur Upacara sementara Mayor Inf Ahmad Arif sebagai komandan upacara.

Setelah dilakukan upacara penerimaan jenazah secara militer, rombongan kemudian meninggalkan hanger menuju ke Pondopo Rumah Negara SP3.

Saat ini jenazah almarhum Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal telah dibaringkan di Pondopo Rumah Negara SPIII.

Jenazah awalnya ditempatkan di ruang pertemuan namun atas permintaan masyarakat, jenazah saat ini akan ditempatkan di luar sehingga semua masyarakat yang melayat dapat melihat dan memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Wagub Klemen Tinal yang sangat mereka cintai. (Ronald)

Top