Jenazah Almarhum Wagub Klemen Tinal Rencananya Dikuburkan di Pondopo Timika

Alrmahum Wakil Gubernur Klemen Tinal saat terakhir kali membuka kegiatan di Timika, beberapa waktu lalu

MIMIKA, BM

Informasi tentang kematian Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal yang dikirim ke beberapa group whatsaap di Timika, mengagetkan masyarakat Mimika.

Pasalnya, informasi yang diteruskan berulang kali itu menyebar hampir di seluruh group Wa di Mimika pagi ini, Jumat (21/5).

Isi pesan whatssap tersebut menyebutkan Berita Duka telah meninggal dunia Wagub Papua Klemen Tinal di RS Abdi Waluyo Menteng JKT jam 4 subuh Jumat tgl 21 Mei 2021 jenazah akan di semayamkan di Rumah Duka RS Gatot Subroto.

Sebagian warga Mimika yang menerima pesan ini merasa tidak percaya dengan kabar tersebut. Bahkan ada yang mengatakan bahwa informasi tersebut adalah hoax dan tidak benar adanya.

Redaksi BeritaMimika juga dikirimkan informasi tersebut namun pesan tersebut tidak bisa dijadikan alasan begitu saja untuk dipublish.

Perlu ada pengakuan atau penyampaian secara resmi dari pihak keluarga atau DPD I dan II Partai Golkar hingga sumber kompoten lain yang dapat membenarkan kebenaran informasi tersebut.

BM kemudian mencoba menghubungi beberapa anggota Partai Golkar baik di Mimika maupun di provinsi, mereka membenarkan informasi tersebut namun merasa tidak berhak dalam mempublish informasi kematian secara resmi.

Setelah beberapa waktu berselang, Redaksi BeritaMimika berhasil terhubung dengan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Mimika yang juga Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

Kepada BeritaMimika, Bupati Omaleng membenarkan informasi tersebut. Ia bahkan menerima informasi kepulangan Almarhum Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal dari Isteri tercinta, ibu Yolanda Tinal.

"Sedih sekali! Saya baru saja konfirmasi melalui telepon dengan isteri pak wagub (Ibu Yolanda) dan beliau bilang informasi itu benar," ungkap Bupati Omaleng sambil menagis di telepon.

Setelah beberapa menit, Bupati Omaleng mengatakan rencananya jenazah akan diterbangkan hari ini ke Jayapura dan besoknya akan di bawah ke Timika.

"Rencananya sebentar tiba di Jayapura dan besok jenazah di antar ke Timika. Kita akan kuburkan di Pondopo. Mulai pagi ini, kami akan siapkan semua hal untuk acara penguburan nanti. Kami mulai bergerak pagi ini," ungkapnya.

Sepintas, Bupati Omaleng mengisahkan sedikit kisah kebersamaan ia dan amarhum sejak dari waktu kecil hingga keduanya menjadi orang hebat di Mimika dan Papua.

"Adooooo sayang ooooo. Kalau sa cerita semua itu, sedih sekali. Dari kecil kami sama-sama sampai besar ini kami tidak bisa baku lepas. Tapi sayang eee, Tuhan sudah panggil dia (almarhum-red) pulang duluan," ungkapnya sambil menangis.

"Banyak sekali kenangan dengan dia. Saya belum bisa cerita semua, karena kami harus siapkan semua hal untuk sambut kepulangan beliau ke rumahnya di Timika. Nanti saya akan cerita semua kenangan itu," ujar Bupati Omaleng sembari menagis mengenang kepergian sahabat masa kecilnya itu. (Ronald

Top