Jangan Anggap Remeh : 2 Pasien di RSUD Mimika di Diagnosa Difteri


RSUD Kabupaten Mimika (tampak depan : foto google)

MIMIKA, BM

2 pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mimika didiagnosa difteri, sehingga mengakibatkan 1 diantaranya meninggal dunia.

Diketahui bahwa kedua pasien tersebut ternyata belum mendapatkan vaksinasi atau imunisasi Difteri.

Hal ini diungkapkan Direktur RSUD Mimika dr. Antonius Pasulu kepada BeritaMimika Selasa (4/6/2024) melalui pesan whatsapp.

“Difteri penularannya memang cepat,” tuturnya.

Dr. Anton mengatakan bahwa RSUD menerima dua pasien yang merupakan kakak dan adik berusia 7 tahun dan 5 tahun ini pada tanggal 27 Mei 2024.

Setelah mendapatkan perawatan insentif di ruang isolasi pada hari ke-7 nyawa adik tidak dapat tertolong karena komplikasi berat yang dialami.

“Sedangkan kondisi kakak saat ini menunjukkan perbaikan,” ungkapnya.

Dr. Anton menjelaskan bahwa difteri merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium diphteriae.

Penyakit ini dikatakan dapat menyerang segala usia terlebih pada anak-anak, melalui partikel udara, percikan air liur saat bersin atau batuk, permukaan barang yang terkontaminasi dan luka yang terinfeksi.

“Adapun gejala yang timbul adalah demam, batuk, nyeri tenggorokan, suara serak sampai dengan sesak napas. Pada pemeriksaan didapatkan pembengkakan pada leher, terdapat lapisan tipis berwarna abu-abu yang menutupi amandel dan tenggorokan juga didapatkan pada bagian hidung,” terangnya.

Bakteri ini dapat menyebabkan kematian karena menghasilkan racun yang merusak jaringan dihidung dan tenggorokan yang menyebabkan sumbatan dijalan napas atas dan bawah serta dapat menyebar ke aliran darah.

Hal ini yang mengakibatkan komplikasi ke jantung, paru, ginjal dan saraf.

“Saya harap orangtua dapat memastikan anak-anaknya memperoleh vaksinasi Difteri agar dapat  memperoleh kekebalan tubuh terhadap penyakit difteri dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selain itu juga menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya. (Elfrida Sijabat)

Top