Peletakan Batu Pertama, Kapolda Berharap RS Tingkat IV Bhayangkara Menjadi Rumah Sakit Tujuan

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri saat melakukan peletakan batu pertama dilokasi pembangunan Kantor Satpas Sim Polres Mimika dan Rumah Sakit Tingkat 4 Bhayangkara


MIMIKA, BM


Pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat IV atau tipe D di Mile 32 sudah mulai dikerjakan yang ditandai peletakan batu pertama oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, Selasa (7/11/2023).

Dengan pembangunan rumah sakit ini, Kapolda berharap dapat menjadi rumah sakit tujuan, artinya bisa melayani masyarakat dari beberapa kabupaten di Papua Tengah juga Papua Pegunungan.

"Alhamdulillah kita sudah memulai pembangunan ini. Saya berharap dapat menjadi rumah sakit tujuan bagi beberapa kabupaten di Papua Tengah juga Papua Pegunungan,” kata Kapolda saat memberikan sambutan usai melakukan pelatakan baru pertama.

“Jadi Mimika ini bukan menjadi kota tujuan wisata tetapi tempat tujuan semua orang datang berobat baik yang sakit maupun yang terjadi karena insiden kekerasan bersenjata,” sambung Kapolda.

Menurutnya pasien yang nantinya dirawat di rumah sakit ini tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit lain.

"Semoga dengan adanya rumah sakit ini masyarakat Mimika tidak perlu lagi berobat jauh-jauh keluar Mimika,” kata Irjen Irjen Pol Mathius.

Pembangunan rumah sakit ini bersamaan dengan kantor Satpas Sim Polres Mimika. Kapolda berharap dapat menyediakan pelayanan penerbitan untuk sim baru dan perpanjangan sim bagi masyarakat.

"Supaya masyarakat tidak alami kesulitan dalam membuat sim dan mendapatkan fasilitas yang nyaman serta menghindari dari calo-calo sim yang sering memanfaatkan kesempatan yang ada,” ungkap Irjen Pol Mathius.

Disampaikan, pimpinan Polri membangun Satpas ini dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang selama ini dinilai negatif oleh masyarakat terhadap institusi Polri. 

"Dengan pembangunan ini tentunya pelayanannya cepat, murah dan sesuai dengan ketentuan yang ada, karena disini nantinya lengkap mulai dari masuk sampai keluar itu semuanya sudah dalam sistem yang benar,”ujarnya.

Irjen Pol Mathius juga mengatakan bahwa, pembangunan Satpas sim ini dimulai dari Sabang sampai Merauke.

“Kita bersyukur mulai dibangun di Timika dan nanti juga akan dibangun lagi di Nabire, Merauke dan Wamena. Saya meminta untuk diawasi dan tidak boleh ada yang main-main dengan APBN serta harus cepat diselesaikan pembangunannya,”tegasnya(Ignasius Istanto)

Top