Urai Antrian Panjang di Loket Pendaftaran, RSUD Mimika Kembangkan dan Launching Aplikasi SIDORA

Launching dilakukan oleh Pj Sekda Mimika, Petrus Yumte didampingi Direktur RSUD Mimika Antonius Pasulu, Kepala Bappeda dan Kepala BPJS Kesehatan

MIMIKA, BM

Guna menjawab persoalan antrian pasien yang sering jadi masalah di rumah sakit, maka Direktur RSUD Mimika, Dokter Antonius Pasulu membuat terobosan baru dengan melaunching aplikasi Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan (SIDORA).

Aplikasi ini secara resmi diresmikan oleh Pj Sekda Mimika, Petrus Yumte didampingi Direktur RSUD Mimika Antonius Pasulu, Kepala Bappeda Yohana Paliling, Kepala BPJS Kesehatan Jayapura Djamal Ardiansyah di RSUD Mimika, Jumat (18/11/2022).

Direktur RSUD Mimika, dr Anton Pasullu mengatakan, aksi perubahan ini dilatar belakangi oleh kondisi saat ini dimana pada loket pendaftaran di RSUD selalu terjadi antrean panjang sehingga mengakibatkan waktu tunggu pasien juga bertambah panjang.

"Hal ini disebabkan karena hampir sebagian besar pasien datang di waktu yang bersamaan, seperti di pagi hari itu biasanya," kata dr Anton.

Ia mengatakan, aplikasi SIDORA saat ini bisa diakses melakui website https:s.id/SIDORA dan kedepan bisa dengan aplikasi yang bisa didapatkan melalui PlayStore.

"Kami dalam proses penyempurnaan. Jadi, sistem ini kedepan yang gunakan kertas-kertas itu sudah tidak akan ada lagi, nanti migrasi ke sistem," ujarnya.

Terobosan ini juga sesuai dengan visi bupati dan wakil bupati Mimika yaitu Mimika cerdas, aman, damai dan sejahtera dengan misi pertama yaitu membangun regulasi SDM yang cerdas dan memahami teknologi informasi yang kemudian di implementasikan sebagai Kabupaten Mimika smart city.

Selain itu hal ini juga sesuai dengan visi RSUD Mimika yaitu menjadi rumah sakit yang berkualitas, mandiri dan terkemuka di wilayah Papua.

Lebih lanjut dr Anton mengatakan, dalam penerapan sistem tersebut diharapkan tidak terjadi lagi penumpukan pasien dan dapat mempersingkat waktu tunggu pasien rawat jalan.

"Aplikasi ini dibuat oleh Yayasan Kanza bekerjasama dengan tim RSUD Mimika. Untuk tahap awal kami hanya menyediakan layanan pendaftaran online. Namun kedepannya akan dikembangkan dengan fitur-fitur informasi yang tersedia yakni ketersediaan tempat tidur, layanan dokter hingga tempat pengaduan," jelasnya.

Saat ini aplikasi SIDORA juga masih dalam tahap menunggu approve dari google karena masih tahap verifikasi.

"Untuk mendaftar pada aplikasi, pasien cukup memasukkan nomor registrasi dan selanjutnya bisa memilih jenis layanan yang akan didapatkan," ungkapnya.

Sementara, Pj Sekda Mimika Petrus Yumte dalam sambutannya mengatakan, di era saat ini hampir tidak pernah lagi ditemukan suatu pelayanan baik pada instansi pemerintah maupun swasta yang tidak menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Teknologi informasi dan komunikasi menjadi kebutuhan yang sangat penting guna menunjang jangkauan pelayanan pemerintah dan memudahkan masyarakat memperoleh layanan informasi yang terbaik.

"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat mendorong pemerintah untuk memacu diri mengikuti kemajuan tersebut sebagai bagian yang tidak terpisahkan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," tutur Petrus.

Dikatakan, undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit mengulas bahwa setiap rumah sakit wajib melakukan pencatatan dan pelaporan tentang semua kegiatan penyelenggaraan rumah sakit dalam bentuk sistem informasi managemen rumah sakit (SIMRS).

Ini juga didukung dengan Peraturan Pemerintah Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Berdasarkan ketentuan tersebut Pemerintah Kabupaten Mimika mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Direktur RSUD Mimika dalam rencana aksi perubahan dengan membuat suatu sistem pendaftaran online pasien rawat jalan (SIDORA) di RSUD Mimika.

"SIDORA ini diharapkan mempermudah akses masyarakat dalam berobat di RSUD Mimika dimana pendaftaran pasien rawat jalan dapat dilakukan dari rumah atau dari mana saja melalui handphone sebagai alternatif pendaftaran selain datang langsung ke loket pendaftaran. Dengan demikian masyarakat semakin terlayani dengan baik," tutupnya. (Shanty Sang)

Top