Jaga Kesehatan Mata Anak, Puskesmas Timika Beri Vitamin A Untuk Bayi

Petugas kesehatan saat memberikan vitamin A kepada salah seorang bayi

MIMIKA, BM

Pencanangan program penimbangan bagi bayi, balita dan pemberian Vitamin A kembali dilaksanakan oleh Puskesmas Timika berkolaborasi dengan Kelurahan Koperapoka.

Pemberian vitamin A bagi bayi dan anak merupakan investasi jangka panjang. Karenanya, orang tua diharapkan mendukung program pemerintah dengan aktif mengantarkan bayi dan anak-anaknya untuk menerima vitamin A dan rutin membawa ke Posyandu.

Pencanangan ini berlangsung di Posyandu Bougenvile yang berlokasi di samping Kantor Kelurahan Koperapoka, Selasa (8/8/2022) kemarin.

Kepala Kelurahan Koperapoka Frengky Max Dolwala mengatakan, dilaksanakannya bulan penimbangan balita, pemberian vitamin A dan obat cacing bertujuan memberikan asupan gizi yang baik sehingga tumbuh kembang bayi, balita, dan anak dapat optimal.

"Ini program nasional untuk pemberian vitamin A sudah dicanangkan bulan Februari dan Agustus. Pemberian vitamin A untuk anak-anak usia 6 bulan sampai 5 tahun adalah kapsul warna merah dan usia 0 bulan hingga 5 bulan kapsul warna biru," kata Frengky.

Frengky mengatakan, selain dilakukan di posyandu pihak puskesmas juga melakukan screaning ke masyarakat mulai tanggal 6 - 11 Agustus 2022.

Katanya, Pemberian vitamin A ini untuk mencegah rabun mata, juga bisa meningkatkan imun anak, mencegah penyakit atau memperkuat kekebalan tubuh sehingga anak tidak mudah sakit.

"Dengan pencanangan ini kita sudah bisa mengurangi angka gangguan mata juga nilai esensial dari nutrisi," Ungkapnya. (Shanty)

Top