Sungai Selamat Datang Dibersihkan Personil Lanud Yohanes Kapiyau

Dua personil Lanud Yohanes Kapiyau saat memungut sampah di sekitaran Sungai Selamat Datang

MIMIKA, BM

Dalam rangka mendukung program Gerakan Nasional Bersih Sungai seluruh Indonesia, Personil Lanud Yohanes Kapiyau menggelar kegiatan bersih-bersih sungai di kali Selamat Datang, Sabtu (4/6/2022).

Kegiatan bersih-bersih ini juga dilakukan sekaligus untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

Berdasarkan rilis yang diterima beritamimika, dijelaskan bahwa kegiatan bersih sungai tersebut rutin dilaksanakan untuk menjaga sungai serta lingkungan agar tetap bersih.

"Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Slamet Suhartono langsung memberikan perintah kepada jajaran untuk ikut bergabung dengan masyarakat dalam membersihkan sungai yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup," mengutip rilis tersebut.

Menurut Danlanud, sungai merupakan salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan hidup sehari-hari. Sudah selayaknya dilakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian dan kealamiannya.

"Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat membangun budaya melindungi dan melestarikan sungai sebagai sumber kehidupan dan tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah," tulisnya.

Pada pelaksanaan bersih sungai  tersebut, beberapa instansi pun ikut dilibatkan. Diantaranya personil dari Yonif 754, Polres Timika, Brimob Timika, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, Kamgas, Mahasiswa serta masyarakat di sekitaran sungai.

Adapun yang dilakukan dalam kegiatan tersebut yakni pembersihan sampah dan rumput liar di seputar kawasan sungai. (Ade)

Top