Sebagian Besar Warga Tiga Kampung Masih Tinggal di SD Banti

Kapolsek dan Kadistrik Tembagapura

MIMIKA, BM

Kapolsek Tembagapura, Ipda Eduardus Edison menyatakan bahwa saat ini situasi di Distrik Tembagapura aman terkendali, paska kepulangan warga Kampung Banti 1, Banti 2 dan Opitiawak.

Di wilayah ini telah dibangun tiga pos Brimob dan satu pos TNI. Bahkan rencaanya dalam waktu dekat akan ditambahkan satu lagi pos TNI.

"Situasi keamanan sampai sekarang aman terkendali, masih kondusif dan aktifitas normal. Di sana dijaga oleh 150 Brimob dan Satgas Pamrawan TNI. Mereka ditempatkan di Banti," jelasnya.

Sementara itu terkait kebutuhan ekonomi di atas, Kepala Distrik Tembagapura, Thobias Yawame mengatakan hingga saat ini warga tidak kesulitan karena bantuan pemerintah daerah malui Dinas Sosial berupa sembako selalu didistribusikan secara bertahap.

Hanya saja sebagian besar warga tiga kampung ini masih menetap di SD Banti 1. Mereka menempati ruangan kelas sebagai tempat tinggal dan dibuatkan dapur umum.

"Rumah warga masih bagus hanya saja fasilitas banyak yang rusak seperti pintu, jendela, kasur dan alat-alat dapur sudah tidak layak pakai. Baru beberapa warga yang pulang ke rumah, sebagian besar masih di sekolah. Keadaan ini buat sehingga tempat tinggal mereka harus di renovasi," ungkapnya.

Dikatakan sudah 670 jiwa yang kembali namun sebagian besar masih ditampung di SD Banti. Kebutuhan sembako masih terpenuhi namun masalah utama yang mereka hadapi saat ini adalah tidak adanya tenaga medis dan masalah air bersih.

"Ini emeregensi yang yang harus dipikirkan bersama dan cepat untuk jangka pendek. Tidak ada pelayanan publik medis di sana, tidak ada tenaga medis, air kita sambung pipa dari polsek sementara untuk penerangan lima kelas kita sambung listrik dari pos Brimob," ungkapnya.

Kadistrik berharap agar apa yang menjadi kebutuhan jangka pendek seperti renovasi rumah warga segera terealisasi oleh Pemda dan PTFI.

"Harapan dan keadaan masyarakat seperti itu. Mereka harap Pemda dan PTFI memperhatikan kondisi mereka, terutama pelayanan kesehatan dan renov rumah mereka," ujarnya. (Ronald)

Top