Polisi Berhasil Bubarkan Massa yang Lempari Anggota Dengan Batu

Polisi saat meminta warga yang akan melakukan demo membubarkan diri

MIMIKA, BM

Di momen pandemi Covid-19 yang semakin menggeliat di Timika, Kepolisian Resort Mimika tidak memberikan izin keramaian kepada siapapun yang ingin melakukan kegiatan atau aksi yang melibatkan banyak orang.

Hal ini juga dilakukan kepada mereka yang mengatasnamakan dirinya Front Rakyat Papua yang rerncananya pada hari ini, Rabu (23/9) akan melakukan demo aksi penolakan Otsus Jilid II di Lapangan Timika Indah.

Polisi hadir untuk meminta masa membubarkan diri karena pada saat bersamaan, Polres Mimika juga melakukan himbauan penggunaan masker kepada masyarakat.

Namun sayangnya, kelompok masa ini tidak mengindahkan larangan dan himbauan tersebut. Alhasil merekapun menyerang anggota yang bertugas dengan melemparkan batu.

Aksi ini terjadi hingga di seputaran kantor baru Perpustakaan dan Kearsipan Daerah yang tepatnya berada di samping Graha Eme Neme Yauware.

"Memang kita tidak ijinkan untuk demo, dan saat kita himbaukan untuk pulang mereka tidak terima dan melempari kita dengan batu,"terang Waka Polres Mimika, Kompol I Nyoman Punia kepada wartawan.

Lanjut wakapolres, pihaknya saat ini tengah mengamankan tiga warga untuk dimintai keterangan lebih lanjut terkait aksi tersebut.

"Karena ada barang yang kita curigai pada saat mereka lempar ke hutan. Kita sedang cek apakah barang itu ada unsur tindak pidananya atau tidak, kalau tidak kita akan lepaskan. Kita amankan tiga orang ini dengan cara profesional dan sudah sesuai dengan SOP ,"ungkap I Nyoman.

Orang nomor dua di Polres Mimika ini membenarkan bahwa aksi pelemparan yang dilakukan sengaja dibuat untuk menggangu situasional Mimika yang saat ini sedang kondusif.

"Memang mereka mau mancing-mancing suasana tapi kita tidak terpancing. Kita tetap standby ditempat ini jangan sampai mereka keluar lagi,"ungkap I Nyoman.

Sebelumnya pada Selasa kemarin, beredar di beberapa group whatssap bahwa hari ini akan dilakukan Seruan Aksi Damai Menolak Otsus Jilid II.

Aksi ini dilakukan oleh kelompok yang mengatasnamakan dirinya Front Rakyat Papua. BeritaMimika juga menerima pesan bergambar tersebut.

Disebutkan aksi akan dimulai pukul 08.00 Wit di Lapangan Timika Indah sebagai titik kumpul. Titik tujuan selanjutnya adalah Kantor DPRD Mimika. (Ignas)

Top