Bakar Sampah, Gudang Aset Pemda Mimika Nyaris Terbakar

Anggota Damkar berhasil memadamkan api di TKP

MIMIKA, BM

Gudang Penyimpanan Aset milik Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dan rumah-rumah disekitarnya yang berada di Jalan Cenderawasih menuju SP II, nyaris terbakar jika Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) tidak segera ke TKP.

Kejadian bermula dari pembakaan sampah yang dilakukan oleh penjaga gudang tersebut, Oswaldus Theofilus sekitar pukul 13.20 Wit.

Ia mengatakan membakar sampah karena baru hari ini cuaca Mimika terlihat cerah setelah beberapa hari selalu diguyur hujan.

"Saya bakar sampah dan sisa rumput-rumput yang disemprot. Saya sudah kasih mati semua namun tiba-tiba saat saya di dalam rumah, api mulai menyebar akhirnya saya cepat-cepat telpon petugas damkar," ungkapnya.

Dari kejadian ini, hanya dua gulungan pipa air yang terbakar bersama sisa-sisa rumput yang telah dibersihkan.

"Saya coba kasih mati tapi mungkin karena cuaca panas dan angin kencang jadi api cepat menjalar. Petugas kebakaran juga tiba tepat waktu sehingga tidak sampai menyebar. Yang terbakar hanya gulungan pipa saja," ujarnya.

Kasubid Damkar BPBD Kabupaten Mimika, Daniel Womsiwor mengatakan usai merespon laporan pada pukul 14.00 Wit, ia langsung bersama anggotanya menuju TKP.

"Saya dapat info pertama dari polres lalu saya hubungi pegawai kami dan mereka juga dapat laporan yang sama sehingga kami semua ke TKP," jelasnya.

Daniel membenarkan histori kejadian yang menyebutkan karena kelalaian dalam membakar sampah. Namun ia mengatakan kebakaran ini tidak menimbulkan kerugiaan bangunan dan lainnya, hanya 2 gulungan pipa.

"Kami padam hanya dalam 5 menit dengan mobil tangki 3000. Dua mobil 5000 dan 8000 juga hadir merespon tapi pemadaman hanya dengan satu mobil. Tidak ada kerugian material dan semua bisa ditangani dengan baik," ungkapnya. (Ronald)

Top