Cegah Aksi Terorisme di Kamis Putih Hingga Paskah, Mimika Siapkan Semua Ini



Apel gelar pasukan pengamanan Kamis Putih hingga Paskah Kedua

Tandai Pengamanan Paskah, TNI Polri  dan Ormas  Laksanakan Apel Gelar Pasukan

MIMIKA, BM

Sebagai wujud nyata dalam memberikan rasa nyaman, aman dan tentram bagi umat Kristiani yang akan menjalani ibadah Paskah, TNI-Polri laksanakan apel gelar pasukan di Lapangan Timika Indah, Kamis (1/4).

Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan ini juga melibatkan ormas-ormas masyarakat yang peduli keamanan.

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Danlanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Surano dengan didampingi pimpinan-pimpinan satuan TNI-Polri di Timika.

Danlanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Surano dalam amanatnya menyampaikan bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan untuk memberikan rasa nyaman, aman dan tentram bagi umat Kristiani yang akan melaksanakan ibadah Paskah.

Seusai apel, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyampaikan bahwa untuk total keseluruhan personil gabungan baik TNI-Polri dan ormas-ormas masyarakat itu kurang lebih 1000 personil.

"Jadi selain personil gabungan yang dilibatkan dalam pengamanan disetiap gereja, diharapkan juga pemuda-pemuda Gereja untuk ikut memantau. Karena mereka lebih tahu," ungkap Kapolres.

Menurut Kapolres Era, selain personil melakukan pengamanan di gereja-gereja juga akan dilakukan patroli rutin.

"Patroli ini itu bukan hanya antisipasi masalah teror saja, tapi antisipasi masalah gangguan keamanan lain pada saat menjelang perayaan Paskah," ujar Kapolres.

17 Gereja Besar Jadi Fokus Pengamanan Personil Gabungan

1000-an personil gabungan TNI-Polri dan organisasi masyarakat akan menitikan fokus pengaman di 17 gereja yang tersebar di Timika dan sekitarnya.

Pengamanan ketat mulai dilakukan malam ini (Kamis Putih-red) hingga Senin (5/3) yang merupakan Paskah kedua bagi umat kristiani.


Rapat koordinasi jelang pengamanan Paskah

Hal ini disampaikan Kabag Ops Polres Mimika AKP Robert Hipiteuw pada saat memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka pengamanan Paskah 2021 yang berlangsung di Hotel Cenderawasih 66,Rabu (31/3) kemarin.

Walau 17 gereja menjadi prioritas namun pengamanan intensif juga tetap di lakukan di gereja-gereja kecil baik oleh mitra-mitra kepolisian maupun petugas pos Peka.

"Nanti ada patroli rutin juga, dan juga kalau ada anggota yang rumahnya dekat Gereja-gereja kecil tersebut dia langsung lakukan pengamanan di sana," ungkapnya.

Menurut Kata Kabag Ops, di luar organisasi masyarakat yang ikut membantu pengamanan Kamis Putih hingga Paskah kedua, jumlah personil gabungan TNI-Polri yang melakukan pengamanan ini adalah 668 personil.

"Pengamanannya ada dua ring. Ring pertama di pintu masuk dan ring kedua di bagian dalam termasuk samping, depan dan belakang gereja," ujarnya.

Penempatan pasukan gabungan di tiap gereja juga disesuaikan dengan jumlah umat di gereja tersebut.

"Jadi jumlah personil 668 orang itu kita tidak bagi sama rata ke 17 gereja besar, tapi kita sesuaikan dengan kebutuhan dengan membluraknya jemaat atau umat yang akan beribadah," ungkap Kabag Ops.

Ditambahkannya, seusai gelar pasukan pada Kamis (1/4) besok akan dilanjutkan dengan penetralisasi oleh tim penjinak bom dari Brimob.

10 Anggota Tim Penjinak Bom Lakukan Sterilisasi di Gereja Katedral Tiga Raja

Sementara itu, sebelum perayaan Kamis Putih malam ini, siang tadi, Kamis (1/4) sebanyak 10 anggota dari tim penjinak bom Brimob Batalyon B Polda Papua sudah melakukan sterilisasi di Gereja Katedral Tiga Raja.


Salah satu penjinak bom saat mensterilkan lingkungan gereja

Berdasarkan pantauan wartawan BM di Gereja Tiga Raja, terlihat anggota tim penjinak bom membawa alat khusus pemantau benda-benda mencurigakan sembari melakukan penyisiran deretan tempat duduk umat di gereja.

Terlihat tim juga membawa detektor metal untuk melakukan pemeriksaan pada bagian-bagian dalam gereja, altar gereja hingga bagian luar gereja.

"Umat yang akan masuk tetap akan dilakukan pemeriksaan tapi kita menggunakan alat-alat standar saja," ungkap Komandan Brimob Batalyon B Pelopor Polda Papua, Kompol Ramadhona.

FKUB Siapkan 100 Relawan Bantu Amankan Perayaan Paskah

Salah satu organisasi kemasyarakatan yang ikut melakukan pengamanan adalah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Mimika.

Di momen Kamis Putih hingga Paskah kedua nanti, FKUB menurunkan 100 relawan untuk membantu pengamanan yang akan ditempatkan di berbagai gereja di seputaran Kota Timika.

Ketua FKUB Mimika, Ignatius Adii mengatakan, para relawan itu berasal dari gabungan umat beragama di Mimika yakni Islam, Hindu dan Budha.

Keterlibatan relawan FKUB dalam pengamanan ibadah hari raya keagamaan di Mimika baik Natal, Idul Fitri dan Idul Adha termasuk Paskah tahun ini, sudah setiap tahun dilakukan.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk toleransi hidup antar umat beragama yang selama ini terjaga baik di Mimika. (Ignas dan Shanty)

 

Top