Olahan Se'i Babi Di Timika Diprogramkan Tahun Ini

Se'i babi : Foto Google

MIMIKA, BM

Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak & Keswan) tahun ini memprogramkan pelatihan pengolahan daging babi menjadi Se'i Babi.

Program ini menggunakan dana Otonomi Khsusus (Otsus) untuk kepentingan masyarakat Orang Asli Papua (OAP).

Kadisnak & Keswan Mimika, drh Sabelina Fitriani mengatakan, Otsus harus dikumandangkan terus dan sudah dilakukan sejak 10 tahun lalu.

Sudah banyak hal yang telah Disnak buat untuk masyarakat OAP karena setiap tahunnya bantuan selalu diberi untuk mereka.

Tidak hanya pengolahan daging babi menjadi Se'i babi saja tetapi Disnak juga ada kegiatan pengembangan ayam kampung budi daya di daerah pesisir.

"Kita berharap di pedalaman menjadi sentra ayam kampung karena kurang lebih 2.000 ekor kita sebar di Kampung Amar, Uta dan Kampung Mapuruka untuk 170-an KK," kata Sabelina.

Menurutnya, untuk bantuan ternak babi  masih diberikan namun jumlahnya dikurangi dan diarahkan ke pengolahan dan yang dibina tetap masyarakat OAP.

Tahun ini bantuan ternak babi hanya untuk 50 KK yang diberikan kepada 7 kepala keluarga di Kampung Amar sementara sisanya diberikan kepada peternak di areal Kota Timika.

"Tahun ini, masyarakat juga dibina sehingga ketika daging babi banyak bisa diolah jadi sei’ babi. Kita ada bantuan lima unit alat untuk panggangan yang nantinya diberikan kepada 5 kelompok yakni Kwamki Narama dan Karang Senang,” ungkapnya. (Shanty)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top