Pasokan Kurang, Peternak Potong 40 Ekor Sapi Antisipasi Kebutuhan Lebaran

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mimika, drh.Sabelina Fitriani

MIMIKA, BM

Mengantisipasi kebutuhan daging jelang Hari Raya Lebaran tahun ini, beberapa peternak di Mimika akan menyembelih 40-an ekor sapi.

Hal tersebut dilakukan mengingat stok daging sapi di Timika mulai berkurang di pasaran.

Bahkan, harga daging sapi yang biasanya Rp100 ribu kini mengalami kenaikan hingga Rp130 ribu hingga Rp135 ribu.

Sementara, daging sapi yang akan dipotong oleh para peternak ini akan dijual dengan harga Rp. 170 ribu per kilonya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mimika, drh.Sabelina Fitriani mengatakan, kenaikan harga ini bukan tanpa sebab pasalnya biaya pengiriman dan pasokan yang ada sudah mulai berkurang.

“Sebetulnya kalau daging sebagian besar masih didatangkan dari luar karena kita pasokan di sini itu populasi sangat kecil, tidak memungkinkan memenuhi kebutuhan lokal," tutur Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mimika, drh.Sabelina Fitriani saat ditemui, Selasa (26/4).

Sabelina mengaku, meski pasokan sudah mulai berkurang, namun dari hasil tinjauan Disnak di para pedagang, kemungkinan besar akan ada pasokan baru yang masuk dalam 2 hari mendatang.

Namun, belum dapat dipastikan apakah pengiriman nanti on time ke Timika atau tidak karena lebaran menyisahkan beberapa hari lagi.

"Selain daging sapi, daging ayam juga mengalami kenaikan harga yakni Rp40 ribu per kilo dari sebelumnya Rp35 ribu. Hanya saja, ketersediaan pasokan daging ayam masih mencukupi. Daging sapi agak kurang karena terlambat pasokan kemudian mungkin ketersediaan di Jawa juga berkurang sehingga pada saat suplay terakhir ke Timika tidak terlalu banyak,” ungkapnya. (Shanty)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top