Keberatan Dengan Biaya Transaksi di ATM Link? Nasabah Disarankan Pakai m-Banking


Kepala Bank BRI Cabang Timika, Budi Prastianto

MIMIKA, BM

Kebijakan Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) yang mengenakan biaya cek saldo dan tarik tunai saat melakukan kegiatan di jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Link merupakan keputusan yang harus dihormati.

Kebijakan ini mulai berlaku 1 Juni 2021. Bank-bank pelat merah yang tergabung dalam jaringan ATM Link adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

"Ada 4 bank hinbara yakni BNI, BRI, Mandiri dan BTN untuk himbara. Awalnya memang transaksi antar ATM bank himbara sebenarnya tidak kena biaya apapun agau gratis, tapi karena ketentuan baru maka harus ikut,"jelas Kepala Bank BRI Cabang Timika, Budi Prastianto saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (25/5).

Diketahui, bahwa mulai bulan depan, biaya cek saldo dikenakan biaya Rp2.500, transaksi tarik tunai sebesar Rp5.000. Sementara biaya transfer antar bank tidak mengalami perubahan atau tetap di angka Rp4.000.

Budi menjelaskan, ketentuan ini akan diberlakukan apabila nasabah BRI bertransaksi di mesin ATM Link yang logonya bank lain yang tergabung dengan himbara.

Namun, jika nasabah BRI bertransaksi di ATM yang logonya BRI berarti gratis atau tidak dikenakan biaya baik itu cek saldo, penarikan maupun transfer.

Ditanya apakah kebijakan yang baru ini sudah disosialisasikan kepada nasabah? Budi mengaku sudah lakukan sosialisasi melalui media sosial (medsos).

"Kita juga menghimbau ke masyarakat untuk cek saldo itu bisa transaksi dari rumah. Nasabah uang keberatan dengan tarif yang dikenakan, sebaiknya menggunakan kanal elektronik atau internet banking dan mobile banking atau phone banking," ujarnya.

Bagi nasabah yang belum mempunyai aplikasi BRImo atau m-Banking digarapkan dapat membuka aplikasi tersebut supaya agar bertransaksi di rumah.

Katanya, nasabah BRI tidak perlu takut atau ragu-ragu selama bertransaksi di mesin ATM BRI karena tetap gratis. Di Mimika tersebar 25 mesin ATM.

"Jangan pakai ATM bank lain, karena pasti ada chargenya. Sekali lagi, pilihan ada pada selera dan literasi keuangan setiap nasabah. Jadi soal tarif ATM Link ini tidak perlu dipolemikkan. Namun, kita sarankan nasabah-nasabah kita untuk bertransaksi dengan aplikasi online saja supaya gratis,"ungkapnya. (Shanty

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Pemda Mimika Datangkan 7,5 Ton Benih Jagung

Ekonomi dan Pembangunan 2021-06-21 01:30:29

Buat yang Mau Beriklan di Bilboard Pemda, Ini Biayanya

Ekonomi dan Pembangunan 2021-06-16 04:36:27

Dalam Waktu Dekat, Dilakukan Shadow Operation Bandara Mozes Kilangin

Ekonomi dan Pembangunan 2021-06-14 20:33:07

Pengajuan SKCK di Polsek Miru Didominasi Pencaker

Ekonomi dan Pembangunan 2021-06-14 00:56:50

Delapan Petani SP4 Sudah Nikmati Listrik untuk Kegiatan Produktif

Ekonomi dan Pembangunan 2021-06-14 00:39:22

Top