Disperindag Mulai Incar Barang Kadaluarsa, Para Pedagang Diingatkan Jangan Pura-Pura Lupa

Kadisperindag Mimika, Michael R Go Marani

MIMIKA, BM

Di awal tahun 2021 ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika akan bergerak cepat menindak pelaku usaha yang masih sengaja menjual barang kadaluarsa di tempat usaha mereka.

Sejumlah tempat usaha akan dipantau mulai dari distributor atau suplier, mall atau supermarket hingga toko dan kios-kios kecil yang bertaburan di seputaran Kota Timika.

"Kami sudah jadwalkan minggu depan tim akan turun langsung untuk melakukan pengawasan terhadap semua komoditas dan varian barang yang dijual," ungkap Michael R Go Marani.

Kepada BM sore ini, Kadisperindag Mimika ini mengatakan pengawasan langsung merupakan tupoksi melekat pada OPD ini yang wajib digelar setiap tahun.

Kegiatan ini menurut Michael juga diatur dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

"Apabila ditemukan para pelaku usaha masih menjual barang kadarluarsa yang sudah expired di tahun 2020, maka kami akan memberikan rekomendasi kepada Dinas PMPTSP untuk segera mencabut surat ijin usaha perdagangan (SIUP)," tegasnya.

Michael tidak ingin keberadaan barang expired di tempat usaha dicuekin oleh para pemilik usaha. Pasalnya, sangat membahayakan bagi kesehatan konsumen atau pembeli.

Ia juga mengakui telah menerima masukan dan informasi dari sebagian masyarakat tentang keberadaan barang kadaluarsa.

Iapun tidak ingin agar operasi barang expired hanya di lakukan saat menjelang hari besar perayaan agama saja.

Pihaknya telah berkomitmen memulainya di awal tahun agar sepanjang tahun ini, Mimika terbebas dari barang kadaluarsa.

Mantan Kadis DPMK yang juga mencalonkan diri sebagai Sekda Mimika ini, berharap masyarakat sebagai konsumen lebih cerdas dan teliti sebelum melakukan transaksi pembelian yaitu dengan mengecek kembali tanggal dan masa expired barang tersebut sebelum membelinya.

"Kami juga sudah buka Layanan Pengaduan Konsumen. Apabila ada konsumen mendapatkan kerugian saat melakukan transaksi perdagangan dan industri maka dapat langsung melapor di Kantor Disperindag atau menghubungi layanan pengaduan konsumen Disperindag Mimika di nomor handphone 0813181383," ungkapnya. (Ronald)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

PTFI Berikan Gambaran Terkait Banjir di Mile 72

Ekonomi dan Pembangunan 2021-03-06 14:58:05

Kapolres Mimika Bagikan Ilmu Bercocok Tanam dan Ratusan Ayam ke

Ekonomi dan Pembangunan 2021-03-06 12:07:40

KPP Pratama Timika Target Rp3,65 Triliun di 2021

Ekonomi dan Pembangunan 2021-03-05 12:55:04

Siapa Aktor Dibalik Keberadaan Anak Karton, Ini Jawabannya

Ekonomi dan Pembangunan 2021-03-05 03:58:17

Freeport Beri Bantuan untuk Warga Bilogai Melalui Keuskupan Timika

Ekonomi dan Pembangunan 2021-02-24 13:11:21

Top