Portal Otomatis Diharapkan Dapat Memblok Penyelewengan Penarikan Retribusi Parkir

Wabup John saat meresmikan penggunaan Portal Otomotis sembari mengmbil karcis masuk bagi seorang penumpang

MIMIKA, BM

Dengan dilakukannya launching portal otomatis di kawasan Pasar Sentral, maka diharapkan tidak ada lagi penyelewengan akibat pemungutan liar dari penarikan retribusi parkir.

Launching portal otomatis ini dilakukan secara resmi oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob didampingi Kepala Disperindag, Michael R. Go Marani dan disaksikan secara langsung oleh masyarakat.

Wakil Bupati Johannes Rettob seusai launching menyampaikan keberadaan portal otomatis sudah membantu dalam upaya menciptakan ketertiban di pasar khususnya untuk parkir.

"Sudah pasti pasar akan tertib dan menambah PAD, jangan ada lagi pikiran negatif yang selama ini orang pikirkan. Hilangkan pikiran seperti itu karena semua terdata dalam komputer (sistem-red) dengan baik,"ungkap Wabup.

Dengan adanya portal otomatis, Wabup berpesan kepada masyarakat agar mengikuti aturan dalam pasar serta harus menjaga fasilitas yang sudah tersedia.

"Disperindag juga harus menjaga alat ini dan selalu awasi dengan baik, karena portal otomatis yang dibuat ini maksudnya baik. Ini menandakan kita sudah mulai menuju ke arah digital,"pesan Wabup.

Walau sudah dipasang portasl otomatis, Wabup John mengatakan tidak menutup kemungkinan dilakukan evaluasi kembali.

"Ini baru pertama jadi nanti dievaluasi lagi, seperti kemarin ada yang bilang bahwa nanti macet ,saya kira itu hanya persoalan baru uji coba saja tapi kalau dilakukan dengan baik mungkin bisa berjalan baik. Tanah disamping inikan masih luas jadi bisa perlebar lagi sehinga tidak macet,"jelas Wabup.

Selain itu orang nomor dua di Kabupaten Mimika juga berpesan kepada pengunjung yang masuk areal Pasar Sentral jangan lupa menyimpan karcis pada saat masuk.

"Bagi masyarakat mungkin ini barang baru, jadi jangan lupa simpan karcisnya karena pada saat keluar harus bayar," ujar Wabup.

Kadis Disperindag, Michael R. Go Marani mengatakan kegiatan ini bisa berjalan berkat kebijakan bupati dan wakil bupati dalam menunjang visi misi yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Mimika lima tahun ke depan.

"Kami berharap visi misi Bupati dan Wakil dapat segera terwujud sampai satu periode berikut. Dengan hadirnya portal otomatis ini kami tetap lakukan evaluasi karena uji coba yang kemarin itu ada beberapa kendala seperti kemacetan mesin dan kemacetan arus lalin,"ungkapnya.

Untuk kemacetan lalu lintas, kata Kadisperindag akan berkoordinasi dengan Dishub dan Satlantas, sehingga kemacetan yang berada di jalan raya bisa diminimalisir.

"Kita lakukan supaya tidak terjadi kemacetan ketika pengunjung masuk ke Pasar Sentral," kata Kadisperindag.

Michael juga berpendapat sama dengan Wbup John bahwa adanya portal otomatis merupakan suatu upaya bagaimana menjadikan Mimika menuju smart city .

"Kami akan berikan sosialisasi dan pemahaman pada masyarakat yang berkunjung ke Pasar Sentral untuk mentaati aturan. Selain itu juga akan memberikan kontribusi PAD buat daerah," ujarnya.

Mantan Kadis DPMK ini juga menjanjikan bahwa dengan adanya portal otomatis tidak ada penyelewengan akibat pemungutan liar dari penarikan retribusi parkir.

"Digitalisasi portal otomatis ini juga membantu kita mengurangi tingkat penyelewengan penarikan retribusi parkir karena semua terdata baik karcis maupun plat nomor kendaraan. Itu menjadi tanggung jawab kami karena tiap tiga hari kami melakukan penyetoran ke kas daerah,"ungkapnya. (Ignas)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

PTFI Berikan Gambaran Terkait Banjir di Mile 72

Ekonomi dan Pembangunan 2021-03-06 14:58:05

Kapolres Mimika Bagikan Ilmu Bercocok Tanam dan Ratusan Ayam ke

Ekonomi dan Pembangunan 2021-03-06 12:07:40

KPP Pratama Timika Target Rp3,65 Triliun di 2021

Ekonomi dan Pembangunan 2021-03-05 12:55:04

Siapa Aktor Dibalik Keberadaan Anak Karton, Ini Jawabannya

Ekonomi dan Pembangunan 2021-03-05 03:58:17

Freeport Beri Bantuan untuk Warga Bilogai Melalui Keuskupan Timika

Ekonomi dan Pembangunan 2021-02-24 13:11:21

Top