Target Rp 1,5 Miliar, Imbas Pandemi Penerimaan Zakat Menurun

Ilustrasi pembayaran zakat (Foto Google)

MIMIKA,BM

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika memastikan penerimaan zakat tahun 2020 ini menurun dari target sebesar Rp 1,5 miliar. Kondisi demikian tidak terlepas menurunnya penghasilan umat sebagai dampak pandemi covid 19.

Sebagaimana diketahui, setiap tahunnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, Baznas Mimika membuka Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Namun, sejak dibukanya UPZ, penerimaan zakat fitrah, zakal maal, infaq dan sedekah belum mencapai target.

"Dari 73 UPZ yang ada hingga saat ini, baru dua UPZ yang melaporkan yakni UPZ Masjid Al-Ikhlas SATRAD km 9 dan UPZ LDII. Sedangkan, penerimaan langsung yang datang ke kantor BAZNAS baru empat orang saja, intupun rata-rata hanya zakat fitrah," tutur Ketua Baznas Mimika, Umar Habib saat dihubungi BeritaMimika.com, Rabu (20/5).

Terkait hal itu, Umar menghimbau kepada seluruh umat Islam agar bersama-sama menyempurnakan ibadah puasa dengan membayar zakat. Diharapkan pembayaran zakat selesai pada hari Jumat sehingga masih ada sisa waktu untuk mendistribusikannya kepada Mustahik.

Dan kepada setiap UPZ, Umar berharap agar mengelola dana ZIS sebaik-baiknya, karena hal ini merupakan pelaksanaan dari syariat Islam (syariat zakat).

"Dimohon untuk menata administrasi, menata penyaluran, pendistribusian dan pendayagunaan," tuturnya.

Menurut dia, zakat ditengah pandemi Covid-19 sangat membantu umat yang terdampak akibat adanya kebijakan pembatasan kegiatan di luar rumah.

Selain itu Baznas juga melihat adanya pergeseran pembayaran zakat dari zakat maal ke zakat fitra.

Masyarakat muslim dipastikan lebih banyak menunaikan zakat fitrah ketimbang zakat maal. Sebab, sebagian umat terdampak krisis ekonomi akibat pandemi covid-19, seperti dirumahkan, PHK atau pemotongan gaji.

"Zakat maal ini kan dari penghasilan. Ketika penghasilannya menurun maka zakat maalnya juga ikut turun. Kami harap laporan dari UPZ kepada Baznas nanti dapat selesai pada hari Sabtu pukul 13.30 WIT mengingat kita harus berikan kepada Mustahik," ungkapnya. (Shanty

 

 

 

 

Top