Peringati Hari Kesaktian Pancasila IPM Gelar Bakti Sosial dan Bakar 1000 Lilin

Koordinator bakti sosial dan bakar lilin, Yosep Temorubun bersama sejumlah ormas saat membakar lilin di bundaran Timika Indah.

MIMIKA, BM

Bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022, sejumlah organisasi masyarakat (ormas) yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Nusantara (IPM) melaksanakan kegiatan bakti sosial dan aksi bakar 1000 lilin.

Kegiatan yang difokuskan di bundaran Timika Indah, Sabtu (1/10) mendapat pengawalan dari pihak Kepolisian Mimika.

"Kegiatan ini sebagai bentuk menghormati hari Kesaktian Pancasila sekaligus membuktikan kepada Indonesia bahwa Papua, khususnya Kabupaten Mimika saat ini aman dan damai,"ungkap koordinator bakti sosial dan bakar lilin, Yosep Temorubun.

Menurut Yosep, dengan aman dan damai maka orang-orang akan datang di tanah Amungsa.

"Kami datang di Papua dengan penuh cinta damai agar bersama dengan masyarakat lainnya. Tujuan bakar lilin adalah kita turut mengiginkan kedamaian di tanah Papua," ujarnya.

Menanggapi kegiatan yang dilaksanakan oleh IPN, Kasat Intelkam Polres Mimika, Kasat Intelkam, AKP Budi Santoso menerangkan sesuai UU nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan penyampaian pendapat dimuka umum harus disampaikan tiga hari sebelumnya.

"Kami memberikan izin dengan dengan catatan aksi bakar lilin dan bakti sosial dilakukan dengan tertib," ungkapnya.

Ia berharap dilain waktu pihak yang hendak melakukan aksi dalam bentuk apapun agar menyampaikan ke Polres atau Polsek terdekat.

"Fasilitas umum seperti jalan digunakan untuk lokasi bakar lilin agar diperhatikan sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat karena semua punya hak," ujarnya.

Diketahui sebelum melakukan aksi bakar 1000 lilin, sejumlah ormas terlebih dahulu melakukan kegiatan bakti sosial dengan membersihkan rute Jalan Budi Utomo, Cenderawasih, Yos Sudarso, Belibis dan Bundaran Timika Indah. (Ignasius Istanto)

Top