Penyanyi “Torang Bisa” Vien Mangku Akan Rilis Single Baru

Penyanyi Vien Mangku

MIMIKA, BM

Siapa yang tak mengenal Vien Mangku? Namanya kian terkenal di khalayak luas ketika ia dipercaya menjadi penyanyi theme song Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 berjudul “Torang Bisa”.

Penyanyi kelahiran Jayapura, 30 Maret 1995 ini sedari kecil sudah mencintai dunia tarik suara. Saat masih kecil ia sudah mengikuti Pesparawi yang diselenggarakan di Biak.

Vien Mangku kemudian bergabung dengan band hingga akhirnya bertemu dan tergabung bersama Papua Original. Setelah itu ia mulai meningkatkan talenta yang dimilikinya dengan mengikuti sejumlah ajang pencarian bakat.

Terakhir kali ia mengikuti ajang Pop Academy yang diselenggarakan di salah satu televisi nasional dan berhasil masuk top lima.

Ditemui media ini, Sabtu (6/11), usai tampil pada Closing Ceremony Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII se-Tanah Papua yang diselenggarakan di Mimika Sport Complex, ia menceritakan perjalanannya hingga terpilih menjadi penyanyi theme song PON XX Papua “Torang Bisa”.

“Sebelumnya saya diminta untuk mengisi di salah lagu yang akan dilombakan di sayembara PON. Jadi theme song itu disayembarakan dulu. Ada beberapa lagu yang disayembarakan dan saya dipanggil untuk mengisi suara salah satu lagu lomba dan ternyata lagu itu berhasil terpilih menjadi juara satu,” kisahnya.

Namun untuk penyanyi lagu tersebut tidak langsung dipilih melainkan melalui sejumlah seleksi yang dilaksanakan oleh PB PON XX Provinsi Papua.

“Penyanyinya masih diseleksi lagi, masih dicari penyanyi Papua lainnya. Suara saya mungkin cocok untuk lagu itu. Dari sekian banyak yang diseleksi akhirnya saya yang terpilih. Saya dipanggil jadi contoh untuk guide lagu yang dilombakan dan ternyata dipilih,” ucapnya.

“Sampai sekarang saya masih tidak percaya sebagai salah satu orang yang terpilih menyanyi Opening PON XX Papua, sampai sekarang saya masih speechless (tidak bisa bicara-red). Dan sekarang, diundang di Closing Pesparawi XIII,” imbuhnya.

Ia mengatakan merasa senang bisa diundang ke Closing Pesparawi XIII. Vien membawakan tiga lagu pujian yakni “10.000 Reason” medley “Manufei Bosiri” dan “Kunaikkan Syukurku”.

Ini merupakan kunjungan ketiga kalinya ia ke Mimika, sebelumnya bersama Papua Original ia menyanyi di Kuala Kencana dan Tembagapura.

“Mungkin venuenya sudah tambah banyak disini, sebelumnya belum ada. Kalau ke Timika saya tidak lama hanya sebentar jadi belum banyak keliling Mimika,” katanya.

Menurutnya, menyanyi lagu sekuler maupun lagu rohani baginya sama saja karena lagu sekuler juga bisa menjadi berkat bagi orang lain.

Bagi Vien Mangku, kisah kehidupan sehari-hari merupakan pelayanan. Yang terpenting baginya adalah bagaimana hidup benar sesuai yang dikehendaki Tuhan.

“Rencannya setelah ini saya mau bikin single. Saya tinggal di Jakarta. Belum tahu pasti tapi secepatnya akan langsung segera dirilis. Semoga lewat Pesparawi XIII ini, kitong punya jiwa untuk memuji Tuhan bukan hanya di momen ini saja tetapi setiap hari memuji nama Tuhan,” pesannya. (Elfrida)

Top