Ustadz Firdaus : Idul Adha Momen Instropeksi Diri

Umat Muslim khusuk melakukan shalat Idul Adha di Mesjid Ar Rahman

MIMIKA, BM

Momen Idul Adha mengingatkan umat islam pada peristiwa yang luar biasa, yakni pengorbanan Nabi Ibrahim terhadap anaknya Ismail yang diimplementasikan dengan ibadah kurban di seluruh dunia.

Peringatan Idul Adha 1442 H penting untuk umat islam sebagai sarana introspeksi diri agar kembali ke dalam prilaku kemanusiaan yang tergambar melalui peristiwa kurban Nabi Ibrahim.

Ustadz Firdaus Amir saat memberikan ceramah kepada umat islam di Masjid Ar Rahman, Selasa (20/7) menyampaikan, bahwa hari raya Idul Adha ini menjadi salah satu bentuk untuk meningkatkan solidaritas sosial.

"Di tengah pandemi ini kita melihat bahwa antusias masyarakat begitu tinggi, ditandai dengan banyaknya hewan kurban yang mulai dihadirkan di masyarakat," tutur Firdaus.

Firdaus mengatakan, ini menjadi tanda bahwa walaupun pandemi namun tidak menyurutkan masyarakat khususnya umat islam untuk senantiasa beramal dan berkurban.

Menurutnya, hal ini berdampak pada sosial kemasyarakatan dimana manfaatnya ketika dibagikan ke masyarakat menimbulkan semangat sosial, rasa simpati yang tinggi untuk sama-sama merasakan bagaimana kondisi yang sulit ini kemudian bersama menikmati hewan kurban.

"Kita maknai hari kurban ini agar kita kembali menginstropeksi diri guna menatap masa depan. Jadi hampir 2 tahun ke belakang kita mengalami masa sulit tapi ke depan tentu ada harapan yang terbaik," tuturnya. (Shanty)

Top