18 Ketua TP-PKK Tingkat Distrik Dilantik

Foto bersama usai pelantikan 18 Ketua TP-PKK Distrik se-Mimika

MIMIKA, BM

Guna merevitalisasi struktur dalam rangka menertibkan administrasi baik di tingkat kabupaten, distrik dan kampung, maka Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mimika melaksanakan pelantikan ketua TP-PKK 18 distrik di Mimika.

Pelantikan dilangsungkan Selasa (8/12) kemarin di Hotel Horison Ultima berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 01 tahun 2020 untuk masa bakti 2020-2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua I TP-PKK Mimika Ny. Suzy Herawaty Rettob, Wakil Ketua II Ny. Pere Omaleng beserta para pengurus dan kepala-kepala distrik.

Ketua TP-PKK Kabupaten Mimika Ny. Kalina Omaleng yang diwakili oleh Wakil Ketua I Ny. Suzy Herawaty Rettob mengatakan keberadaan kaum perempuan yang terwadah dalam organisasi gerakan PKK memiliki peran strategis dalam upaya peningkatan kesejahteraan.

PKK juga berperan dan membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh khususnya perempuan dan anak.

Diharapkan agar ibu-ibu Ketua TP-PKK tingkat distrik yang baru dilantik dapat menyukseskan 10 program pokok PKK.

"Kita harus bisa bekerja sama dari tingkat kabupaten, distrik sampai ke kampung. Saya berharap Ibu-ibu dapat segera membenahi kepengurusan dan melaksanakan tugas serta fungsinya dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga 10 program pokok PKK bisa berjalan baik dan dilihat juga dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.

Sambung Ny. Suzy tugas dan fungsi sebagai ketua TP-PKK distrik cukup berat namun didalamnya terkandung makna yang mulia karena menyangkut upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat khusunya ibu dan anak.

“Di Organisasi PKK kita dituntut bekerja tanpa pamrih dan bekerja tanpa mendapatkan gaji. Sementara di sisi lain tugas utama kita adalah sebagai ibu rumah tangga yang dituntut juga untuk mampu membina keluarga dan mendidik anak-anak kita,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa peran keluarga sangat penting terutama dalam pembinaan keluarga dan pendidikan anak-anak karena dari keluarga yang harmonis dapat membentengi diri dari pengaruh hal-hal yang negatif.

“Saya ucapkan selamat kepada ibu-ibu mari kita bangun Mimika yang sehat, cerdas dan bermakna. Saya ucapkan terimakasih kepada ketua-ketua TP-PKK distrik lama yang telah mendarmakan baktinya di PKK semoga menjadi amal baik,” tutupnya.

Sementara itu, mewakili pemerintah daerah Kabupaten Mimika Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Maria Rettob mengatakan pelantikan Ketua-ketua TP-PKK distrik merupakan momentum yang tepat bagi TP-PKK untuk lebih maju dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sampai ke tingkat distrik serta memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang di masyarakat.

“Dengan dilantiknya ketua-ketua TP-PKK distrik, digarapkan dapat membantu mewujudkan visi misi bupati di tingkat distrik. Kepada TP-PKK agar dapat meningkatkan etos kerja dan profesionalisme dalam bekerja serta menjadi organisasi yang solid. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberi kekuatan dan semangat bagi kita sekalian dalam membangun Mimika yang kita cintai ini,” harapnya

Usai acara pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Program Kerja Kepada Para Ketua TP-PKK distrik. (Elfrida)

Top