DLH Mimika Terima Bantuan Armada Pengangkut Sampah Namun Belum Bisa Beroperasi

Enam buah drump truck baru milik DLH

MIMIKA, BM

Salah satu upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika melakui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam menjaga kebersihan kota adalah dengan menambah fasilitas armada pengangkut sampah.

Penambahan armada pengangkut sampah tahun ini diterima DLH dari bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020.

Namun, armada yang terdiri dari 6 ambrol dan dump truck, 7 kontainer dan 5 unit roda tiga tersebut belum dapat digunakan.

"Kami DLH mengusulkan dan akhirnya Kementerian menyetujuinya. Tapi karena surat-surat masih dalam pengurusan makanya belum dapat digunakan," tutur Kepala DLH Mimika, Limi Mokodompit saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat (24/7).

Selain surat, kendala lainnya adalah mereka harus menyiapkan tenaga sopir dan tenaga pengangkut sampah.

Untuk tenaga sopir dan tenaga pengangkut sampah, pihaknya akan mengusulkan di APBD Perubahan 2020 untuk pembiayaanya.

"Kita butuh penambahan 36 tenaga baru untuk sopir hingga pengangkut sampah. Mudah-mudahan dalam perubahan bisa terakomodir sehingga bisa segera dioperasikan tapi kalau tidak tahun depan baru bisa dioperasikan,"kata Limi.

Katanya, DLH berencana akan menambah 15 armada lagi untuk peremajaan armada yang sudah lama digunakan. Ini juga untuk menambah efeltifitas dan pelayanan petugas sampah dalam bekerja.

"Harapan kita bisa 70-an unit baik itu dump truck termasuk alat berat. Sementara kita masih pakai yang lama tapi itu sudah tua-tua, makanya kita mau remajakan semua. Nanti kita mau service dan deco lagi yang masih bisa saja tapi kalau yang tidak bisa kita istirahatian," ungkapnya. (Shanty)

Top