Ini Jawaban Pemerintah Terkait Sejumlah Sekolah Sudah Lakukan Tatap Muka

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob

MIMIKA, BM

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob menegaskan bahwa hingga saat ini pemerintah belum memberikan informasi atau keputusan apapun kepada SMA-SMK terkait pelaksanaan sekolah tatap muka.

Hal tersebut ditanggapi Wabup John lantaran adanya beberapa sekolah SMK di Kota Timika yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka tanpa persetujuan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan.

Guna mengetahui kebenaran informasi tersebut, Wakil Bupati Johannes Rettob mendatangi beberapa sekolah dan mengecek langsung dari beberapa sumber terkait hal ini.

Mengetahui hal tersebut, Wabup John pun mengecek kebenarannya dan setelah mengecek langsung kebenarannya kepada beberapa sekolah ternyata aktivitas di sekolah hanyalah praktek.

"Kami sudah turun dan lihat langsung. Laporan mereka sebenarnya bukan tatap muka belajar, tetapi mereka datang untuk praktek. Karena memang kelasnya untuk kelas praktek,"tutur Wakil Bupati Mimika Johanes Rettob saat diwawancarai di Hotel Grand Tembaga, Kamis (15/4).

John Rettob menegaskan bahwa hingga saat ini pemerintah daerah belum menerima satupun laporan dari sekolah bahwa akan melakukan tatap muka secara langsung, walau sebenarnya Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud sudah mengijinkan aktivitas belajar tatap muka.

Sejauh ini pemerintah daerah hanya memberikan ijin kepada siswa kelas VI dan IX untuk melakukan belajar tatap muka dan akan dibahas untuk diperpanjang pada 30 April nanti.

"Untuk tingkat SMA-SMK sendiri belum dibahas karena nanti ada perubahan evaluasi lagi yang akan dilakukan. SMA-SMK ini kita belum bahas untuk kelas 1 dan 2," katanya.

Menurut Wabup John, pada prinsipnya aktivitas tatap muka bisa dilakukan apabila sekolah benar-benar menerapkan protokol kesehatan, memiliki satgas dan mendapatkan persetujuan dari orang tua siswa.

"Itu adalah prinsip-prinsip yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Jadi sebenarnya tidak masalah, hanya saja secara resmi mereka belum melapor ke kami (pemerintah)," Ujarnya.

Hal lain yang menurut Wabup John juga harus dipertimbangkan dalam belajar tatap muka langsung adalah para guru harus mendapatkan vaksin terlebih dahulu.

"Karena siswa yang berangkat ke sekolah mungkin dalam kondisi sehat dan jangan sampai pulang ke rumah membawa virus. Yang kita fikir anaknya ini, inilah yang perlu ditakutkan," tuturnya.

Wabup Juga meminta agar waktu jam belajar di sekolah yang dimulai 07.30 sampai 12.30 WIT harus diperbaharui karena menurutnya terlalu lama.

"Maksimalnya 3 jam tidak boleh 4 jam karena itu sudah terlalu lama. Ini harus diperhatikan oleh tiap sekolah," tegasnya. (Shanty)

Top