Taekwondo Kota Timika Borong 17 Medali Kejuaran Turnamen Piala Merdeka Cup Di Makassar

Foto bersama para atlet Dojang TKT sambil menunjukan medali yang berhasil mereka raih untuk Mimika

MIMIKA, BM

Nama Mimika kembali tersohor di luar daerah karena atlet Dojang Taekwondo Kota Timika (TKT) mengharumkan namanya dengan berhasil mempersembahkan 17 medali pada Open Turnamen Piala Merdeka Cup yang telah berlangsung pada tanggal 5-7 Agustus 2022.

Di turnamen ini, TKT juga terpilih sebagai juara 2 umum kategori kelas junior dan salah satu atletnya yakni Rafael D.G Sambo Betay terpilih sebagai juara 1 pemain terbaik kelas junior.

Dari 17 medali yang didapatkan, 4 merupakan medali emas, 5 perak dan 8 medali perunggu dari tiga kelas berbeda yang diikuti yakni kelas Junior (14-17 tahun), Cadet (12-14 tahun) dan kelas Pra Caded B (9-11 tahun).

Para atlet yang berhasil menyumbang medali emas adalah Rafael D.G Sambi Betay dan Grecilia Z Roya (kelas Junior), Nailah N Azzahra dan Stevanus Jasson Ratulangi (Pra Cadet B).

Medali perak diraih Eliana Bintang N Roya (junior), Rafael D.G Sambi Betay dan Eliana (Junior poomsea pair), Resti Diah Ayu Sipahelut (Cadet), Naflah K. El Hakim dan Kevin Balubun (pra Caded B).

Sementara medali perunggu diraih oleh Rafael D.G Sambo Betay (Junior Poomsea individu), Axel Mario C.Roya dan Adriel Sinaga (Cadet), Muh. Rihab A, Immanuel Agrivo Sinaga, Laura Afika Sinaga Michael V.Raing dan Granat Warluken. Kelimanya dari kelas Pra Caded B.

Kepada BeritaMimika melalui telepon celuler, pelatih sekaligus ketua rombongan, Ronald Balubun mengucapkan terimakasih atas dukungan dan doa masyarakat Mimika atas pencapaian ini.

"Ini sudah tiga kali anak-anak mengharumkan Mimika di Makassar. Kita butuh dukungan dan suport dari pemerintah karena mereka ini semua adalah pelajar dan selama ini mereka selalu berikan yang terbaik. Kami harap ada perhatian buat mereka ke depan," harapnya.

Selama mengikuti perlombaan ini di Makassar, Sabeum Ronald mengungkapkan tidak ada masalah yang berarti karena suport dan dukungan orangtua atlet sangat luar biasa.

"Puji Tuhan, Alhamdulilah kami sangat bersyukur atas dukungan orangtua kepada kami. Kata siapa kami tidak punya kekurangan? Kekurangan itu ada namun cinta orangtua terhadap anak-anak mereka menjadi kekuatan bagi kami semua untuk selalu berikan yang terbaik. Sangat luar biasa perhatian dari orangtua," ungkapnya.

Sabam Ronald juga menyapaikan ucapan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan izin kepada para murid yang tergabung dalam Dojang TKT untuk mengikuti even tahunan ini.

Pasalnya yang meraih prestasi ini merupakan pelajar SD, SMP dan SMA di Timika dari sekolah
Pondok pesantren Gombara, SMA N.1 Mimika SMA N 6 Mimika, SMP DDI, SMP Bernadus, SMP Shining Star, SD Batukarang, SD Hdayahtu, SD St.Yohanes Pembatis, YPMNU, SD Josua dan SD Kalam Kudus.

Di akhir komunikasinya, sabam Ronald juga mengungkapkan bahwa pihaknya sangat membutuhkan dukungan fasilitas bagi perkembangan prestasi anak-anak terutama matras.

"Kalau kekurangan, kami butuh fasilitas seperti matras karena kami tidak bisa membiasakan anak-anak fight di atas keramik karena sangat beresiko bagi mereka. Kalau ada matras anak-anak punya jam terbang lebih tinggi," ujarnya.

"Karena fokus KONI untuk atlet beprestasi, kami berharap mungkin ada perhatian dari Dispora. Kalaupun tidak, minimal ada uang trasportasi saja untuk ikut kejuaraan seperti ini, kami sudah sangat bersyukur karena selama ini kita mandiri dengan bantuan dan perhatian dari orangtua saja," harapnya.

Perlu diketahui, di tahun 2022 ini, Dojang Taekwondo Kota Timika telah mengikutsertakan para atletnya untuk berkompetisi di tiga kejuaraan yang dilangsungkan di Makassar.

Pada Mei lalu, mereka mengikutsertakan tiga atletnya untuk bertarung pada Kejuaraan Universitas Bosowa. Tiga atlet yang mereka kirimkan berhasil membawa pulang 5 medali emas dan 1 perak.

Sebulan setelahnya tiga atlet TKT juga berpartisipasi dalam Turnamen Taekwondo Tamarunang Cup yg diselenggarakan Yon Armed di Makassar. Di turnamen ini mereka juga berhasil membawa pulang 3 medali emas.

Dengan demikian maka di 2022 ini, Dojang Taekwondo Kota Timika (TKT) telah berhasil mengharumkan Mimika dengan meraih 26 medali (12 emas, 6 perak dan 8 perunggu) di tiga kejuaarn Taekwondo yang mereka ikuti. (Ronald Renwarin)

Top