Kisah Dua Binaraga : Tidak Dapat Dukungan Dari Pemda Mimika, Pakai Uang Pribadi Ikut Fornas VI Di Sumsel

Bram dan Fair atlit binaraga asal Mimika ketika berpose seusai dinyatakan lolos seleksi untuk mengikuti iven Fornas VI di Sumsel

MIMIKA, BM

Atlit binaraga asal Kabupaten Mimika, Bram Stevano Suebu dari Saf Gym Timika bersama Fair Aby dari Gym Timika terpaksa menggunakan uang pribadi untuk mengikuti event nasional yaitu Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI Sumatera Selatan tanggal 1-7 Juli 2022.

Mereka terpaksa gunakan uang pribadi karena tidak mendapat suport atau dukungan dari Pemda Kabupaten Mimika.

Padahal kedua atlit ini sudah mengharumkan nama Kabupaten Mimika bahkan terpilih sebagai wakil Provinsi Papua untuk berlaga di Fornas VI setelah tembus seleksi tingkat Provinsi pada 19 Juni kemarin yang diadakan oleh Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (Perbafi) Papua.

"Tidak tanggung-tanggung kami torehkan prestasi bagi Mimika. Kita dari Timika ada 4 atlit ikut seleksi tapi hanya dua yang lolos. Saya juara satu kelas Men Beach Model dan juara dua di kelas Men Sport model, sedangkan Fair juara satu di kelas Men Fitnes Model,"ungkap Bram, Senin (28/6).

Ia mengungkapkan awalnya mereka telah memasukan proposal ke FORMI Mimika agar mendapat dukungan demi kelancaran perlombaan, namun hingga hasil prestasi dibawa pulang ke Mimika belum kunjung ada jawaban.

“Pada bulan April 2022 kita sudah masukkan proposal. Sudah diserahkan langsung ke Sekjend Formi Mimika dan sudah sampai ke tangan Sekda. Katanya proposal akan diupayakan namun kami berangkat tanggal 18 Juni ke Jayapura untuk mengikuti seleksi dan dinyatakan lolos, bahkan sudah TC dan tinggal dipenampungan proposal belum dijawab juga," ungkapnya.

Walaupun merasa kecewa karena tidak ada dukungan dari Pemda Mimika, keduanya terus mempersiapkan diri untuk berlaga dengan harapan dapat membawa nama baik Mimika dan Provinsi Papua.

"Dari Pemda Mimika khususnya FORMI Mimika belum ada jawaban kami sebagai atlet. Kami sangat menyesal dan kecewa dengan pengurus-pengurus bagian olahraga. Ini bukan baru pertama kali buat saya tapi ini sudah dua kali bawa nama Timika ke ajang nasional Fornas tanpa ada dukungan seperserpun,"ujar Bram yang juga seorang anggota Polres Mimika bertugas di Polsek Mimika Baru.

Lanjutnya,"Saya tidak pernah patah semangat karena itu merupakan hoby saya. Tanpa bantuan pemerintah daerah Mimika kami juga bisa mendapatkan hasil yang baik,"sambungnya. (Ignas)

Top