Komisi VIII DPR RI Lakukan Validasi Data Pemberian Bantuan Sosial di Timika

Vice President of Community Relations & Human Rights PTFI Arnold Kayame menyerahkan Cenderamata Kepada Ketua Tim Komisi VIII DPR RI Samsu Naing

MIMIKA, BM

Komisi VIII DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Mimika Rabu (15/9) hingga Sabtu (18/9).

Adapun agenda kunjungan tersebut dalam rangka penyaluran bantuan sosial dan kesiapsiagaan bencana di Mimika.

Dalam lawatan hari pertama, ketua tim Samsu Niang dan rombongan melakukan pertemuan dengan PT Freeport Indonesi (PTFI) di Rimba Papua Hotel.

Usai pertemuan, Samsu Niang kepada media menyampaikan bahwa dalam implementasinya, Corporate Social Responsibility (CSR) PTFI telah memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat Papua terlebih khusus Indonesia.

“Kita datang ke Papua dalam rangka melihat PTFI untuk tanggung jawab perusahaanya dan tadi kita sudah melihat pemaparan mereka, sudah memberikan kontribusi yang banyak untuk masyarakat Papua lebih khusus Indonesia,” katanya.

Ia berharap agar kedepan PTFI dapat melihat lebih jauh permasalahan terkait pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Selain itu, juga terkait pemberdayaan manusia terutama masyarakat miskin di Papua.

“Diharapkan PTFI dapat bersinergi dengan visi misi Presiden Jokowi dalam mengentaskan kemiskinan. Inilah yang menjadi harapan kita mudah-mudahan pemerintah daerah (pemda) Mimika secepatnya mendorong ada peraturan daerah (perda) untuk mengatur CSR yang ada di PTFI supaya jelas dan kongkrit CSR-nya,” ungkapnya.

Niang juga menyampaikan kunker ke Mimika bertujuan untuk melakukan validasi data terhadap pemberian bantuan sosial.

“Sekarang ini memang dalam kementerian sosial melakukan validasi data dalam rangka untuk memvalidkan semua data yang ada di Indonesia dan tentu kunjungan kita ke Mimika ini untuk mengecek langsung tentang validasi data untuk masuk ke Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG),” jelasnya.

Dikatakan hal tersebut dilakukan dalam rangka memantapkan program bantuan keluarga harapan dan bantuan pangan non tunai agar tepat sasaran teruatama masyarakat miskin.

“Berdasarkan data, masih ada masyarakat Papua memang yang menerima Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) di seluruh Papua dan harapan kita stimulus yang diberikan pemerintah ke Papua tidak ada lagi yang seperti itu, apalagi ada PTFI bisa membantu cepat dalam rangka mengentaskan kemiskinan,” harapnya

Kunker akan kembali dilaksanakan hari ini, Kamis (16/9) dengan agenda pertemuan bersama Bupati Mimika Eltinus Omaleng beserta jajarannya. (Elfrida)

Top