Hadiri Acara Ulang Tahun, 45 Orang Keracunan Makanan


Dua anak saat ditangani perawat didampingi orangtua mereka di RSMM

MIMIKA, BM

Sebanyak 45 orang mengalami keracunan makanan di sebuah acara ulang tahun dan kini sedang dalam perawatan medis di RSMM, Sabtu (27/8) malam.

45 orang yang mengalami keracunan makanan ini didominasi anak-anak berusia antara 5-7 tahun sementara sisanya merupakan orang dewasa.

Berdasarkan informasi yang diperoleh BM dari seorang ibu bernama Susanti, anaknya dilarikan ke RSMM setelah pulang dari acara ulang tahun karena mengeluh rasa mual dan pusing-pusing hingga muntah.

"Saya langsung bawa anak saya untuk berobat dan ternyata bukan anak saya saja tapi ada anak-anak lainnya yang sudah mendapat perawatan di RSMM," tuturnya saat ditemui disela-sela merawat anaknya.

Ia mengisahkan, di acara tersebut anaknya hanya makan mie, nasi dan telur saja. Anak-anak lain pun demikian.

"Mudah-mudahan anak saya dan yang lainnya cepat sembuh dan kembali ke rumah. Acara ulang tahun itu di Jalan Rambutan, Jalur 2 SP2,"ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata kepada BM membenarkan kejadian tersebut.

"Informasi kejadian ini kita peroleh dari masyarakat sekitar pukul 20.00 wit. Kita langsung respon dan membantu untuk mengevakuasi ke Rumah Sakit. Selain dirawat di RSMM ada yang dirawat di Klinik Chandra dan klinik dekat Petrosea,"ungkapnya.

Kapolres membenarkan keracunan terjadi karena acara ulang tahun dengan undangan sekitar 50 orang. Makanannya disajikan oleh tuan rumah sendiri.

"Intinya sekarang kita fokus pada keselamatan. Tuan rumah saja anaknya juga keracunan, malahan korban pertama. Kita bersama pihak Kodim dan Rumah sakit akan mengecek makanan yang mana sampelnya sudah kita amankan," ungkapnya.

Menurut Kapolres, para korban sebagian akan dipindahkan ke RSUD Mimika.

"Para korban juga akan dilakukan pengecekan darah ulang. Jadi mereka belum bisa pulang," tutupnya. (Ignas)

Top