Pasar Sentral dan Eks Pasar Swadaya Belum Diterapkan ‘Jaga Jarak’

Suasana jual-beli ikan di Pasar Sentral

MIMIKA, BM

Semakin meningkatnya kasus Covid-19 di Mimika yang setiap hari terus bertambah, belum sepenuhnya berdampak pada kesadaran masyarakat untuk menerapkan social distancing dan physcical distancing.

Salah satu yang paling nyata terlihat adalah aktifitas warga di Pasar Sentral dan eks Pasar Swadaya. Jarak antara pedagang dengan pedagang dan juga dengan pembeli masih berlaku seperti biasanya.

BeritaMimika pada Selasa (26/5) kemarin mendapati hal ini saat meninjau suasana jual beli di dua pasar ini paska Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Kalau kita lakukan kesannya kita batasi pembeli. Sementara pembeli mereka maunya pilih-pilih dulu kalau suka maka mereka akan beli,” ujar Budi, seorang pedagang ikan di Pasar Sentral saat berbincang dengan wartawan media ini.

Menurut Budi, jarak jarak bisa saja dilakukan jika ada kesadaran dari masing-masing pedagang, pembeli maupun pengelola pasar. Dengan kondisi ini ia berharap agar dibuatkan semacam pembatas sehingga membatasi ruang gerak pembeli pun penjual.

Selain jarak, ternyata aktifitas di dua pasar ini masih ditemui pedagang maupun pembeli yang melakukan komunikasi dan interaksi tanpa menggunakan masker.

"Secara nyata masyarakat memang belum menyadari betul tujuan pemerintah menekankan hal ini. Jika tidak ada kesadaran juga dari masyarakat ya bagaimana covid ini bisa hilang. Kita juga pedagang kena dampak dari pemasukan karena adanya pembaatasan sosial tapi mau tidak mau kita harus berjualan karena cuma ini mata pencaharian kita," ujar Budi yang berjualan sambil memakai masker. (Shanty

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top