Warga IKEMAL Mimika Rayakan HUT Patimura Ke 205

Ketua IKEMAL bersama pimpinan Forkopimda disambut tarian ular dari sekelompok penari saat memasuki gerbang Eme Neme Yauware

MIMIKA, BM

Ribuan warga Maluku yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) di Kabupaten Mimika menggelar syukuran HUT 205 Tahun Pahlawan Nasional Indonesia asal Mauku, Thomas Matulessy.

HUT Patimura yang selalu diperingati setiap tanggal 15 Mei ini dilaksanakan di halaman Eme Neme Yauware, Jumat (27/5).

Mewakili pemerinrah daerah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Mimika, Yulianus Sasarari menyampaikan bahwa Patimura adalah salah satu pahlawan nasional yang telah berjuang melawan penjajah.

Tekad, semangat dan perjuangan Patimura untuk mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan, hendaknya menjiwai sanubari kita semua sebagai generasl penerus perjuangan, generasi pengisi kemerdekaan.

"Tekat, semangat dan perjuangan kita semua sebagai patimura-patimura muda saat ini adalah menjaga, merawat dan menjahit kebinekaan indonesia untuk tetap bersatu dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) serta mengisi kemerdekaan melalui pembangunan, dengan cara membebaskan rakyat dan bangsa kita dari kemiskinan, kebodohan, dan berbagai ketertinggalan,"ungkapnya.

Melalui momen ini, pemerintah daerah mengajak
seluruh masyarakat Kabupaten Mimika, khususnya warga Maluku untuk bersama menjaga persatuan, keamanan dan
ketertiban, sehingga pembangunan di Kabupaten Mimika ini terus berjalan dengan baik.

"Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan
terima kasih kepada seluruh warga maluku di Kabupaten Mimika, yang telah mendukung pemerintah dalam menciptakan suasana yang aman, damai dan harmonis,"ucapnya.

Ia berharap perayaan HUT Patimura yang dirangkaikan dengan halal bihalal ini, hendaknya lebih mempererat persatuan dan kesatuan, toleransi dan kerja sama.

"Kita semua sebagai warga negara dan masyarakat di Kabupaten Mimika, khususnya warga Maluku yang dikenal dengan semboyan; "potong dikuku rasa didaging", yang memiliki arti "ale rasa, beta rasa" harus menjadi pioner dalam menjaga semangat toleransi," katanya.

Menurutnya, Patimura tua boleh mati, namun akan bangkit Patimura-Patimura muda untuk meneruskan perjuangan". "lawamena haulala" maju terus pantang mundur".

Ketua Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Kabupaten Mimika, Piet Rafra menyampaikan kegiatan sebenarnya dilakukan pada tanggal 15 Mei lalu namun karena keadaan lain sehingga tertunda dan baru bisa dilaksanakan pada 27 Mei.

"Jadi syukuran HUT Patimura ini kita satukan juga dengan halal bi halal 1443 H, karena warga Ikamal ini juga banyak yang muslim sehingga kita tunjukan bentuk toleransi beragama,"ungkapnya.

Dengan menggelar syukuran HUT Patimura ke 205, Ketua Ikamal mengajak seluruh warganya untuk lebih tertib dalam semua aspek, terutama aspek pemerintahan dan selalu mendukung pemerintah dalam rangka pembangunan daerah.

"Kegiatan ini bukan baru pertama kalinya, tapi ini sudah ke empat kalinya,"ujar Piet.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua panitia pelaksanaan kegiatan, Anton Welerubun bahwa gelar syukuran HUT Patimura sempat tertunda dan pelaksanaanya kali ini disatukan dengan halal bi halal 1443 H.

"Sempat tertunda karena ada kesibukan lainnya, sehingga hari ini kita bisa laksanakan bersama dengan acara halal bi halal,"ungkapnya.

Dengan syukuran HUT Patimura ke 205, dirinya berharap keluarga besar Maluku yang ada di Timika dapat mengikuti kebijakan dan arahan pemerintah serta mensukseskan program pemerintah terutama dalam menjaga kamtibmas.

"Kegiatan di tahun ini kerukunan keluarga Kei yang ditunjuk sebagai penyelenggara, karena tahun sebelumnya kerukunan keluarga Dobo. Nanti tahun depan kegiatan yang sama juga akan diselenggarakan oleh kerukunan Maluku Utara,"kata Anton.

Untuk diketahui kegiatan gelar syukuran HUT Patimura ke 205 dan halal bi halal ini dilangsungkan dengan berbagai tari-tarian adat serta penyalaan obor induk Patimura.

Obor tersebut melambangkan kegigihan seorang pahlawan Patimura dalam memperjuangkan kemerdekaan serta sebagai refleksi 205 tahun HUT Patimura.

Dalam kegiatan tersebut selain hadir ribuan warga IKEMAL, hadir pula berbagai unsur Forkopimda serta para tamu undangan lainnya. (Ignas)

Top