Sering Buang Sampah Di Jalan Sembarangan, Malulah Pada Anak SD dan SMP 

Pelajar SD Inpres Sempan saat membersihkan sampah di Jalan Yos Sudarso

MIMIKA, BM

Ada sebagian masyarakat Mimika yang tidak memiliki kepedulian sama sekali dalam menjaga kebersihan umum.

Tidak heran jika sering kita temui ada yang dengan sengaja membuang sampah mereka di jalan raya seenaknya saja.

Bayangkan, jika hal ini dilakukan oleh banyak orang secara bersamaan dan berulang-ulang, maka sebanyak apapun petugas kebersihan, kota ini akan terus kotor dan penuh sampah.

Nah, bagi kamu yang masih saja lakukan hal seperti ini, mulailah memiliki rasa malu karena sampah yang kalian buang seenaknya di jalan raya dan sekitarnya, dipungut oleh pelajar SD dan SMP se-Kota Timika.

Sebagai orang dewasa, kitalah yang harus mengajarkan mereka untuk tidak membuang sampah di sembarangan tempat, namun kini, malah mereka balik mengajarkan kita. Malu ka tidak?

Hari ini, Jumat (26/8/2022), seluruh sekolah SD dan SMP, baik swasta maupun negeri se-Kota Timika, melakukan bhakti sosial membersihkan kota Timika.

Kegiatan gotong royong bersih-bersih Kota Timika ini dikomandani oleh Dinas Pendidikan Dasar Mimika yang dimulai sejak pukul 07.30 Wit.

Para siswa dan guru dari tiap sekolah diberikan tugas dan tanggungjawab membersihkan lingkungan yang merupakan tempat di mana sekolah mereka berada.

Kepala Sekolah SD Inpres Sempan, James Parera, ditemui di Jalan Yos Sudarso, mengatakan sekolahnya kebagian membersihkan wilayah seputaran pasar damai hingga lapangan Jayanti.

"Hari ini seluruh siswa SD dan SMP termasuk para guru membersihkan kota. Kami kebagian dari pasar damai hingga Jayanti. Kami hanya sertakan anak kelas 4, 5 dan 6 saja," ungkapnya saat menemani anak muridnya melakukan pembersihan di depan kantor Dispenda.

Didampingi para guru, anak-anak SD Inpres Sempan terlihat antusias dan penuh semangat membersihkan kota! Beberapa anak bahkan bahkan sesekali berlomba memungut sampah yang mereka temui di jalan.

Sementara itu disaat bersamaan, pelajar dan para guru SMP Negeri 7 juga melakukan hal sama. Kepada BM, salah seorang guru mengatakan bahwa mereka kebagian membersihkan dari Timika Maal hingga depan RSUD Mimika. (Red)

Top