31 Atlet dan Pelatih Ikut Rapid Tes di Mimika, Hasilnya Negatif

Pengarahan sebelum dilakukan tes antibodi

MIMIKA, BM

Sebanyak 18 atlet dan 13 pelatih Cabang Olahraga (Cabor) Atletik yang kini tengah menjalani Tranning Centre (TC) di Kabupaten Mimika, pada Kamis (2/7) kemarin melakukan rapid tes atau tes antibodi di penginapan mereka, hotel Cendrawasih 66.

Koordinator tim TC Cabor Atletik PON Papua, Matias Rumkorem mengatakan tujuan dilakukannya rapid test untuk mengecek kesehatan atlet.

Hal ini ia sampaikan melalui rilis yang diterima BeritaMimika dari Humas KONI Mimika pagi ini, Jumat (3/7).

"Puji Tuhan hasilnya semua negatif. Selain mengecek kesehatan, ini juga bertujuan sebagai akses kami untuk kembali ke Jayapura dalam beberapa hari ke depan guna mengikuti sentralisasi pelatihan," katanya.

Hasil rapid tes negatif menjadi salah satu persyaratan bagi 31 atlet dan pelatih cabor ini untuk dapat menggunakan maskapai penerbangan ke Jayapura.

Jika ada yang ditemukan reaktif atau positif maka sudah pasti akan menjalani isolasi 14 hari dan keberangkatannya akan ditunda.

"Ini protokol kesehatan yang harus kita penuhi karena aturan di maskapai dan Jayapura wajib kantongi surat keterangan bebas Covid-19 dari dinas kesehatan setempat," ujarnya.

Hanya saja Matias belum dapat memastikan jadwal keberangkatan rombongannya ke Jayapura karena masih menunggu koordinasi dengan KONI Provinsi Papua.

"Kami masih tunggu informasi dari KONI Provinsi. Kita lakukan rapid tes supaya ketika waktunya tiba kita langsung berangkat. Yang pasti kami diberangkatkan sebelum akhir waktu surat keterangan bebas Covid-19," jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Umum KONI Mimika, Cessar A. Tunya secara terpisah mengatakan pelaksanaan rapid tes dilakukan setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan.

"Kita koordinasi dengan Plt Dinas Kesehatan Reynold Ubra karena mereka harus kembali ke Jayapura untuk mengikuti pemusatan latihan. Puji Tuhan semuanya negatif dan saat ini sedang menunggu koordinasi dengan provinsi untuk kepastian waktu keberangkatan," jelasnya. (Ronald)

Top