Septinus Timang Resmi Jabat Ketua Umum Persemi Mimika


Foto bersama Septimus Timang dengan panitia

MIMIKA, BM

Setelah melewati serangkaian proses seleksi hingga pemilihan, Septinus Timang secara resmi terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Mimika (Persemi) Mimika periode 2023-2027.

Ia terpilih pada Musyawarah Persemi Kabupaten Mimika yang dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Grand Tembaga, Sabtu (11/2/2023).

Septinus Timang terpilih sebagai ketua Umum Persemi setelah melewati 2 tahapan pemilihan, yang mana pada pemilihan pertama Septinus Timang dan Rafael Taorekeyau memperoleh jumlah suara yang sama yaitu 6 suara.

Keduanya menyisihkan Novian Kulla yang hanya memperoleh 5 suara dan Frans Pigome 4 suara.

Memasuki putaran kedua, Septinus Timang memperoleh 11 suara terbanyak menyisihkan Rafael Taorekeyau dengan jumlah 10 suara.

Dengan demikian Septinus Timang akhirnya keluar sebagai ketua Umum Persemi berdasarkan Surat Keputusan Musyawarah Persemi nomor : 002/SK-PNTP/II/2023 tentang penetapan ketua terpilih Persemi periode 2023-2027.

Diketahui, dari 22 klub yang memiliki hak suara, satu klub abstain yaitu Klub Kamasan Tembagapura yang tidak memberikan hak suara.

Ketua Umum Persemi Mimika, Septinus Timang mengatakan, hal pertama yang akan dilakukan adalah membentuk tim formatur untuk melengkapi struktur kepengurusan.

"Sekarang yang menjadi fokus kita adalah bagaimana kita konsultasi ke klub termasuk kita evaluasi sekaligus mendiskusikan hal-hal terkait dengan persemi ke depan," Kata Septinus.

Pada prinsipnya, Septinus mengatakan bahwa masyarakat Indonesia saat ini haus akan prestasi dalam sepak bola. Terlebih lagi Mimika didukung APBD yang cukup besar termasuk dukungan sponsor.

"Saya mau Persemi kedepan lebih baik. Contohnya, seperti Persipura. Sehingga tugas kami ke depan adalah bagaimana kita menyelenggarakan kompetisi sehingga dengan kompetensi ini maka bisa melakukan pembinaan usia dini," ungkapnya.

Menurutnya, pembinaan usia dini sangat penting karena merupakan roh sepak bola dalam mencari bibit unggul.

"Karena bagi saya roh sepak bola itu bagaimana kita melakukan pembinaan mulai dari tahap bawah sampai ke atas sehingga kita bisa dapat pemain yang terbaik untuk bisa berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi," terangnya.

Ia meyakinkan bahwa ke depan tidak akan sulit mendapatkan pemain muda karena Mimika memiliki 320 ribu penduduk sehingga mencari 11 hingga 24 pemain pemain tidaklah sulit.

Menurutnya hal ini menjadi pekerjaan kedepan dan nanti akan dikonsultasikan dengan klub-klub yang ada di Timika termasuk akan melakukan perbaikan terutama pembinaan klub.

"Setelah kita bentuk tim formatur itu nanti kami dari klub akan siapkan renstra untuk 5 tahun ke depan," ujarnya. (Shanty Sang)

Top