Kembangkan Olahraga, Disparbudpora Mimika Bakal Buka Diklat Sepak Bola

Kepala Disparbudpora Mimika, Yacob Toisuta

MIMIKA, BM

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika berencana membuat pendidikan jangka pendek sepak bola bagi pelajar SMP kelas 3 dan SMA kelas I di Timika.

Kepala Disparbudpora Mimika, Yacob Toisuta kepada beritamimika.com menyampaikan pendidikan jangka pendek tersebut akan dibuka pada tahun depan dengan membentuk Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sepak Bola.

"Rencananya tahun depan kami akan melakukan PPLP, tapi itu jangka pendek saja," katanya, Selasa (21/6/2022) di Graha Eme Neme Yauware, Timika.

Lebih lanjut Yacob menjelaskan untuk mendukung perencanaan tersebut, tahun ini pihaknya akan merombak dan merapikan stadion Wania SP1 agar memenuhi standar lapangan sepak bola.

"Sesudah lapangan selesai, tahun depan kalau memang berkesempatan kita awali dengan Danone Cup yang biasanya dilaksankan di Jayapura, kita buat di sini. Itu masih diusahkan, yang pasti tugas kita pertama-tama menyiapkan lapangan," ujarnya.

Menurut Yacob, untuk mengembangkan kualitas pemain sepak bola di Mimika diperlukan ajang seperti PFA yang dilakukan PT Freeport Indonesia serta PPLP yang akan digelar oleh pihaknya.

"Kalau PFA kan jangka panjang, kalau kami jangka pendek. Jadi, kami akan rekrut anak-anak asli Papua maupun pendatang untuk dilatih nantinya dalam PPLP. Tapi 70 persen kuota kami pastikan untuk anak-anak Papua," ucapnya.

Pihaknya juga akan mendatangkan pelatih untuk melakukan rekrutmen dalam program PPLP tersebut.

"Setelah PPLP sepak bola jalan, kita akan melanjutkan ke atletik. Memang tidak bisa seluruh cabang olahraga diakomodir di usia dini karena hasilnya tidak akan maksimal. Jadi, satu dahulu sebagai proyeksi. Setelah itu baru lainnya," terangnya.

Yacob berkomitmen Disparbudpora akan fokus pada pembinaan bibit-bibit atlet muda di Mimika.

"Nantinya setelah lolos dari PPLP Sepakbola, kami akan suplai juga para peserta didik untuk bergabung ke Persemi. Kami akan kirim mereka juga untuk mengikuti turnamen di berbagai tingkat mewakili Mimika," pungkasnya. (Ade)

Top