Dua Faktor Ini Jadi Alasan Utama Mengapa Papua Harus Didorong Jadi Provinsi Olahraga

Foto bersama para peserta kegiatan Kick Off menuju Papua sebagai Provinsi Olahraga d Hotel Horison Ultima, Kamis (12/5)

MIMIKA, BM

Setelah sukses menjadi tuan rumah Pekan Olahraha Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di tahun 2021 lalu, Pemerintah Provinsi Papua kini berencana menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga.

Menindaklanjuti hal tersebut Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Papua menggelar kick off menuju provinsi olahraga yang berlangsung di Hotel Horison Ultima, Kamis (12/5).

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Papua, Alex Kapisa mengatakan saat ini Dispora Papua telah bekerjasama dengan tim akademisi Universitas Cenderawasih (Uncen) untuk mengkaji rencana ini.

Keyakinan Pemerintah Provinsi Papua menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga karena dari segi indikator sudah memenuhi syarat yakni dari sisi sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas olahraga yang memadai.

Alex menjelaskan dari sisi SDM, Papua tidak bisa diragukan lagi, terbukti secara antropologi dari lima wilayah adat yang ada semuanya sudah memiliki karakter masing-masing.

Contohnya, di wilayah selatan banyak potensi atlet basket dan atletik. Begitupun dengan wilayah adat lainnya.

Sementara dari sisi fasilitas olahraga, Alex mengatakan venue olahraga PON XX yang ada sudah sangat memadai dan bahkan sudah berstandar internasional.

“Kedua ini sudah kita miliki, jadi kita akan terus usahakan ini. Kalau Ambon sudah jadi provinsi musik karena memang disana banyak melahirkan pemusik, maka Papua juga bisa menjadi provinsi olahraga,” ujarnya.

Dikatakan, dari kajian tim Uncen ada 14 cabang olahraga yang bisa dikembangkan di Papua karena memiliki fasilitas olahraga yang memadai dan sudah terbukti banyak memberi kontribusi bagi Papua.

Lanjutnya, agar rencana ini dapat terwujud maka harus ada regulasi seperti pada saat PON yakni intruksi presiden. Penetapan tersebut harus dilakukan dengan dasar regulasi yang mengikat.

“Makanya kita ingin harus ada regulasi untuk menetapkan Papua sebagai provinsi olahraga, karena dengan sendirinya event-event yang tadinya para pengurus olahraga atau federasi tidak ingin datang ke Papua, dengan sendirinya suka tidak suka mereka harus datang ke sini,” jelasnya.

Hal lain menurutnya, bahwa dengan menetapkan Papua sebagai Provinsi Olahraga maka akan membuat orang semakin mengenal Papua dan membuat Papua semakin berkembang. (Shanty

Top