25 Pemain Persemi Diperkenalkan ke Publik oleh Askab Mimika, Hari Ini ke Jayapura

Para pemain Persemi yang diperkenalkan ke publik pada Sabtu (20/11) oleh Askab Mimika

MIMIKA, BM

Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) telah memperkenalkan 25 pemain Persatuan Sepakbola Mimika (Persemi) yang akan mengikuti Kompetisi PSSI Liga III Putaran Papua beserta manager dan official secara resmi kepada publik.

Konferensi pers ini disampaikan langsung oleh Ketua Askab Mimika, Michael R Gomar didampingi sejumlah pengurusnya pada Sabtu (20/11) malam di Resto 66 Jalan Cenderawasih.

Berikut Nama-Nama Pemain Persemi Mimika 
- Jonathan Mambrasar (Ps Sostar)
- Saverius Baopo (Ps Wania)
- Jewan Imingkawak (Kwamki Narama)
- Selfinus Doo (SSB Timika Putra)
- Jeremias Pakage (SSB Mimika United)
- Dekinus Omaleng (Distrik Tembagapura)
- Yohanes Tokeyau (Persiko Kokonao)
- Simon Badokapa (Persiko Kokonao)
- Ardian Pratama (Airlane FC)
- Thomirzon Rigapitus Gobay (Airlane FC)
- Roger Milan Waly (Airlane FC)
- Mikel Thomas Kapan (Persiko Kokonao)
- Alberto Siret (Cenderawasih FC)
- Edgar Williaams Ronaldo Magal (Airline FC)
- Marison Kum (Kwamki Narama)
- Heri D Tua Nainggolan (SSB Mimika United)
- Macs Junior Erari (SSB Mimika United)
- Andreas J Tukayo (SSB Mimika United)
- Mario Edoward Ndiken (GK) (Joung Melanesia)
- Mohammad Cahya (GK) (SSB Timika Putra)
- Rocky B Maryen (GK) (SSB Mimika United)
- Calvin Rering (Persemi PON Papua)
- Firman Syahbas  (C) (Persemi PON Papua)
- Jhoni Jangkup (Tembagapura)
- Rando Beanal (Tembagapura)

Berikut Daftar Manager dan Official 
- Manager : Alexander Omaleng
- Sekretaris : Fransiskus Kemong
- Wakil Sekretaris : Yanud Omaleng
- Bendahara : Andreas
- Pelatih Kepala : Marthen Christian Warobai
- Asisten Pelatih : Reinhard Sokhoi
- Pelatih Kiper : Celsius Gepse
- Doktet Tim : dr Frans Rengirit dan dr Susana Namsa

"100 persen pemain Persemi merupakan anak-anak asli Mimika dan 99 persen merupakan putera asli Papua secara khusus Amunge dan Kamoro," ungkap Gomar.

Gomar mengatakan, berdasarkan technical meeting telah disepakati 5 hal. Pertama, komposisi pemain Persemi Mimia berjumlah 25 orang yang didamingi 1 pelatih kepala dan 2 asisten kepala serta manager dan official.

Kedua, pelaksanaan kompetisi liga III akan dilaksanakan di Kabupayen dan Kota Madya Jayapura.

Ketiga, pelaksanaan technical meeting akan dilakukan pada 24 November 2021 untuk pencabutan nomor undian atau nomor pool yang akan dibagi menjadi tiga pool. Keempat, pelaksanaan kick off dilakukan pada 25 November 2021.

"Kita semua berharap pelaksanaan kompetisi ini berjalan dengan baik dan secara khusus kesiapan Perseni Mimika walaupun dalam waktu yang sangat singkat namun kita optimis mereka akan memberikan yang terbaik bagi kabupaten ini," ujarnya.

Gomar juga mengatakan, Senin (22/11), hari ini, tim berangkat ke Jayapura dengan Batik Air, guna persiapan dan ujicoba dengan beberapa tim di Jayapura. Salah satunya melawan club Tunas Muda Hamadi di Jayapura.

Selaku pengurus Askab Mimika, Gomar mengatakan pihaknya memiliki optimisme yang tinggi terhadap tim ini. Ia meminta dukungan dari seluruh masyarakat dan pemerintah daerah agar para pemain Persemi Mimika dapat mengharumkan kabupaten ini di pentas liga III di Jayapura.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua club di Mimika yang sudah memberikan pemain terbaik mereka untuk bergabung dengan Persemi. Persemi ini merupakan representasi dari club-club sepakbola di Mimika. Kami yakin dan percaya, pembinaan usia muda ini akan terus berkembang untuk sepakbola Mimika. Terimakasih juga untuk dukungan orangtua, masyarakat dan pemerintah," ungkapnya.

Sementara itu, mantan pemain Persipura yang kini diangkat menjadi pelatih kepala Persemi Mimika, Christrian Warobai mengatakan optimis terhadap tim yang dibentukanya walau persiapan menuju liga III waktunya hanya sebentar.

"Saya merasa hanya pelatih gila saja yang mau memegang tim dengan persiapan sesingkat ini. Tapi saya percaya dan optimis karena dalam penilaian saya dan asisten pelatih, mereka mampu. Kami sangat optimis dengan tim ini," ungkapnya.

Kepada pemain, Warobai memberikan spirit dengan mengatakan, seorang pemain bola harus memiliki jiwa seorang petarung. Ia menginginkan anak-anak didiknya memiliki jiwa dan karakter ini.

"Tanamkan dalam diri kalian, di punggunh kalian ada nama Kabupaten Mimika. Ingat bahwa selama pelatih ganti pelatih di Persemi, tidak ada yang bawah 100 persen anak Mimika. Ini kesempatan kalian untuk mulai membentuk diri menjadi pesekbola dimulai dari ajang ini," pesannya.

Kepada media, Warobai juga sedikit mengungkapkan pola dan strategi apa yang akan ia gunakan nanti untuk Persemi Mimika. Ia mengatakan, formasi yang paling cocok untuk anak-anak Papua dan sering digunakan oleh club-club di Papua adalah 4-4-2.

"Saya akan mencoba menerapkan ini dalam tim, walau saya lebih senang menggunakan pola 4-3-3. Anak-anak ini lebih cenderung bermain 4-2-2 karena mungkin di SSB sering digunakan formasi ini. Sehingga ketika kita gunakan formasi ini mereka cepat sekali sesuaikan. Anak-anak juga punya semangat dan daya juang yang tinggi. Ini juga akan menjadi kekuatan bagi kami," ungkapnya.

Pada momen ini, beberapa pemain senior yang tergabung dalam Persemi All Star, yang dulu juga merupakan mantan pemain Persemi Mimika, memberikan wejangan kepada adek-adeknya.

Beberapa hal yang diingatkan oleh para senior kepada 25 pemain ini adalah selalu disiplin, memiliki sikap rendah hati, kerja keras, manfaatkan momen dengan baik, dengar-dengaran, jangan puruta dan terpenting adalah selalu mendekatkan diri dengan Tuhan. (Ronald)

Top