Hasil Rapimpurda KNPI : La Pago Dipilih Jadi Tempat Musda

Penutupan Rapimpurda DPD KNPI Papua di Hotel Horison Diana, Selasa (14/9)

MIMIKA, BM

DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua telah selesai menggelar Rapat Pimpinan Purna Derah (Rapimpurda) KNPI ke-15.

Pada agenda Rapimpurda ini, salah satu agenda rutin organisasi KNPI yang dibahas adalah menetapkan kepesertaan, tempat, dan waktu pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) KNPI.

"Rapimpurda selama dua hari ini, secara bersama dengan melibatkan 5 wilayah adat dan OKP, kita sudah sepakat bahwa Musda nanti akan dilakukan di wilayah La Pago," ujar Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Albertho Gonzale Wanimbo usai menutup Rapimpurda 15 di Hotel Horison, Selasa (14/9) malam.

Pemilihan wilayah adat La Pago sebagai tempat pelaksanaan musda, dilakukan berdasarkan asas keadilan yang mana beberapa kali giat KNPI telah dilakukan di wilayah adat Anin Ha, Mamta, Saereri serta Mee Pago.

"Waktu musda lalu kita buat di Merauke, musda sebelumnya juga di Jayapura, setelah itu raker KNPI kita buat di wilayah Saereri, sekarang di wilayah Mee Pago kita buat Rapimpurda. Jadi untuk asas keadilan teman-teman sepakat kita buat musda nanti di wilayah adat La Pago," ungkapnya.

Pelaksanaan musda akan dilakukan terhitung 6 bulan dari hasil putusan Rapimpurda. Artinya dalam kurun waktu ini, Musda KNPI Provinsi Papua wajib dilaksanakan.

"Nanti DPD KNPI Papua akan buat pleno internal untuk memutuskan kapan, setelah dilakukan komunikasi dengan DPD 2 dan juga pemerintah daerah. Daerah mana yang bersedia menjadi tuan rumah nanti kita buat dalam pleno untuk menetapkan kapan tanggal pastinya terhitung 6 bulan dari sekarang," jelasnya.

Sesuai musda sebelumnya, jumlah OKP yang mengikuti musda sebanyak 170. Namun musda kali ini diperkirakan ada penambahan OKP baru.

"Dalam waktu ini kita akan lakukan konsolidasi organisasi. Kita benahi semua OKP dalam hal registrasi kepesertaan supaya bisa terakomodir. Ada juga OKP lokal yang baru bergabung, mungkin bisa masuk dalam kategori peserta undangan setelah itu baru peserta peninjau," ujarnya.

Ketika ditanyakan BeritaMimika, Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Albertho Gonzale Wanimbo mengatakan ia siap untuk bertarung kembali jika masih diberikan kepercayaan.

"Kita lihat situasi dan kondisi, kalau teman-teman dari OKP dan DPD 2 merekomendasikan lagi dan masih diberi kepercayaan, maka saya siap maju lagi. Apalagi secara usia, saya masih bisa," ungkapnya. (Ronald)

Top