Mimika Zona Merah Covid-19, Tiga Kegiatan Besar Terancam Batal

Pertemuan evaluasi Covid-19 di Mimika, Rabu (21/7) 

MIMIKA, BM

Kasus covid-19 di Kabupaten Mimika terus mengalami kenaikan. Kondisi ini membuat tiga agenda besar di Mimika yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII dan Konferensi Kingmi terancam batal.

Dengan meningkatnya kasus covid-19 Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika melakukan evaluasi pencegahan penyebaran covid-19 yang berlangsung di Hotel Grand Mozza, Rabu (21/7).

Evaluasi tersebut dihadiri oleh Bupati Puncak, Wilem Wandik, Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia, Dandim 1710 Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya dan Pimpinan OPD.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, inti dari rapat ini untuk mengevaluasi penyebaran covid-19 yang mana pada 7 Juli lalu ditetapkan PPKM hingga 7 Agustus 2021.

"Belum satu bulan tapi kasus Covid-19 terus meningkat dan juga adanya varian delta yang sudah masuk sehingga angka kematian di Mimika meningkat," kata Bupati Eltinus.

Kondisi hari ini di rumah sakit, menurut Bupati Omaleng, bukan hanya oksigen yang habis dan tempat tidur yang penuh namun rumah sakit juga mengalami kekurangan obat-obatan.

"Maka perlu adanya evaluasi ini untuk mengambil langkah-langkah agar penyebaran covid-19 tidak meningkat," ungkapnya.

Bupati mengatakan tahun ini, Kabupaten Mimika menjadi tuan rumah 3 kegiatan besar, namun dengan kondisi seperti ini maka sangat dimungkinkan ketiganya batal diselenggarakan.

"Kami mau menyurat kepada Presiden RI untuk mempertimbangkan kembali dilaksanakannya kegiatan-kegiatan itu apakah bisa jalan atau tidak. Kami akan menyurat melalui Gubernur Papua kepada Presiden RI,"ungkapnya.

"Kabupaten Mimika juga sudah zona merah bukan lagi zona hijau dan lainnya sehingga perlu dijaga agar jangan sampai Mimika jadi zona hitam," harap Omaleng. (Shanty)

Top