PJ Bupati Buka Kegiatan Mapenta Ke IV Pemuda Katolik Kabupaten Mappi

Pemukulan tifa sebagai tanda dimulainya kegiatan  Mapenta ke-IV Pemuda Katolik Kabupaten Mappi

MAPPI, BM

Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar membuka kegiatan Masa penerimaan anggota (Mapenta) ke IV Pemuda Katolik Kabupaten Mappi.

Kegiatan yang berlangsung di aula pastoran Paroki Kristus Raja Kepi dihadiri Kepala Kevikepan Kepi Pastor Pius J. Heljanan MSC, PJ Bupati Michael R. Gomar, Kapolres Damianus Deddy Susanto, Wakapolres Kompol Suwarno, Ketua LMA dan Para senior Pemuda Katolik Kabupaten Mappi.

Kegiatan Mapenta ke-IV Pemuda Katolik Mappi mengusung tema “lebih dekat dengan gereja organisasi masyarakat dan pemerintah”.

Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar, dalam sambutan menyampaikan, pemuda mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap organisasi, terutama pada pengurus atau para senior yang sudah berpengalaman di suatu organisasi.

"Kadang kita masuk dan menemukan ada organisasi yang tidak mempunyai dasar hukum. Organisasi seperti ini tentu memiliki kepentingan tertentu yang dimanfaatkan oleh pengurus ataupun anggotanya,” ungkapnya.

PJ Bupati menjelaskan, keberadaan organisasi di lingkungan gereja merupakan wadah laboratorium, kaderisasi yang melatih kadernya untuk menjadi pemimpin.

Ia menerangkan, Pemuda Katolik mempunyai peran yang sangat besar baik di dalam lingkungan gereja katolik secara khusus, lingkungan masyarakat maupun di lingkungan pemerintahan secara umum.

“Kepengurusan Pemuda Katolik Komisariat Kabupaten Mappi telah mendapatkan bekal yang kuat dari para senior sehingga apa yang menjadi tanggung jawab dalam organisasi harus dapat dilaksanakan dan diwujudkan dalam lingkungan gereja, masyarakat dan pemerintah,” ungkapnya.

"Harapan saya, seluruh rangkaian kegiatan Mapenta ke-IV yang telah dipersiapkan oleh panitia ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Ingatlah bahwa salah satu tugas kita adalah melakukan pelayanan baik di lingkungan gereja maupun masyarakat," tambahnya.

Ketua panitia kegiatan, Alber mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir mengikuti pembukaan kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan, Mapenta ke IV Pemuda Katolik Kabupaten Mappi diikuti oleh 68 peserta. Para pemuda tersebut berasal dari berbagai paroki di wilayah Kevikepan Kepi.

Dikatakan, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 25 sampai tanggal 27 Agustus di aula Pastoran Gereja Kristus Raja Kepi.

“Kami Panitia berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini,”ungkapnya

Sementara itu Ketua Pemuda Katolik Komisariat Mappi, Yohanis M. Mote mengaku bangga karena pada senior Pemuda Katolik Mappi bisa hadir dalam kesempatan ini.

“Hari ini kita berbangga dan merasa ada kekuatan yang luar biasa karena hadir para senior kita untuk memberikan dukungan dalam kegiatan Mapenta kali ini,” ungkapnya.

Ia menuturkan, selama dua tahun ini pihaknya tidak dapat melaksanakan kegiatan dikarenakan pandemi Covid 19.

“Tetapi kami tidak tinggal diam, kami masih lakukan pembinaan di sanggar belajar yang berada di dua asrama,” katanya.

“Sejauh ini Pemuda Katolik terus berperan dalam kehidupan bermasyarakat. Mari kita membangun jaringan ini dan kita mendekatkan diri dengan organisasi lainnya serta terus berperan aktif ditengah masyarakat. Kami percaya bahwa kader pemuda Katolik itu ada dimana-mana dan terlibat aktif dalam membangun negara dan daerah,” tandasnya. (Red)

Top