Perkuat Semangat Toleransi, FKUB Mimika Gelar Syukuran Paskah Dan Halal Bihalal

Foto bersama pengurus FKUB berserta tamu undangan dengan Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob

MIMIKA, BM

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika menggelar syukuran Paskah dan Halal Bi Halal di Ballroom Hotel Cendrawasih 66, Kamis (12/5/2022).

Kegiatan dengan tema "Kita mantapkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama menuju masyarakat Mimika cerdas, aman, damai dan sejahtera" ini dihadiri Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, TNI-Polri, tokoh agama, dan sejumlah relawan FKUB.

Ketua FKUB Mimika, Ignatius Adii dalam sambutannya menyampaikan di tahun 2022 ini kinerja Pemda Mimika begitu luar bisa dalam menjalankan safari Ramadan dan Paskah.

Begitu juga dengan toleransi yang senantiasa dijaga guna mewujudkan keamanan dan kenyamanan antar umat beragama selama perayaan hari besar keagamaan di Kabupaten Mimika.

"Selama Paskah dan Idulfitri tidak ada gangguan. Semua berjalan dengan baik. Ini adalah komitmen peningkatan toleransi umat beragama di Mimika," ujarnya.

Dia juga melaporkan dalam pelaksanaan hari raya Paskah dan Idul Fitri 2022, FKUB Mimika telah memberikan sejumlah sumbangan di berbagai wilayah.

"Selama dua perayaan besar FKUB telah memberikan sumbangan di kota hingga wilayah pesisir dan pegunungan demi membantu masyarakat," kata Ignas sapaan akrabnya.

Di samping itu, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika memberikan apresiasi yang besar kepada FKUB Mimika.

"Kita ketahui bersama selama Paskah dan Idulfitri dua tahun terakhir tidak dilaksnakan ibdah dan shalat Ied, namun di tahun 2022 semua dilakukan dengan baik," kata Wabup Rettob.

Sejauh ini, lanjut dia, toleransi antar umar beragama di Timika sangat baik berkat kerja keras semua pihak.

"Saya punya mimpi besar yaitu kapan Mimika diberikan penghargan oleh pemerintah sebagai kota toleransi," ujarnya.

Menurut Wabup Rettob, toleransi harus terus dirawat dan dijaga. Ia mengingatkan, apabila ada masalah pribadi jangan sekali-kali disatukan dengan kerukunan.

"Harus pisah. Apa yang menjadi urusan pribadi dan kerukunan. Semua akan berjalan baik kalau kita bersatu," pungkasnya.

Sementara itu, Wakapolres Mimika Kompol Praja Gandha Wiratama mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan tokoh agama di Mimika.

"Pesan Kapolres Mimika bahwa selama memimpin tidak ada ganggunan Kamtibmas. Kepolisian tetap menjaga keamanan dan ketertiban di Mimika demi warga. Tujuan utama adalah hidup aman dan damai serta tetap menjaga toleransi antar umat beragama," katanya," tuturnya. (Ade)

Top