Papua Bangga, Putera Mimika Wakili Indonesia Pada Ajang Model Internasional Di Thailand

Andrianus Beanal, Remaja Asal Mimika yang akan mewakili Indonesia di Bangkok, Thailand

MIMIKA, BM

Masyarakat Papua, khususnya Mimika, berbangga karena salah satu remaja terbaik mereka akan mewakili Indonesia pada ajang Prince and Princess International Asean di Bangkok, Thailand pada Agustus 2022 nanti.

Namanya, Andrianus Beanal. Remaja 14 tahun ini merupakan siswa Sekolah Asrama Taruna Papua dan saat ini masih duduk di bangku kelas 2 SMP.

Putera Jafet Beanal ini terpilih sebagai salah satu dari tiga peserta terbaik pada Lomba Indonesian Model Award 2022 yang diselenggarakan selama tiga hari (24-27/3) di Hotel Orchad Industry, Jakarta.

Ini merupakan prestasi yang membanggakan karena lomba Indonesian Model Award 2022 ternyata diikuti oleh 15 provinsi dengan 87 perserta yang dibagi dalam 4 kategori.

Andrianus Beanal pada ajang ini mengikuti kategori remaja/dewasa. Di kategori ini, tiga terbaik finalis putera akan mewakili Indonesia pada ajang Prince and Princess International Bangkok 2022 nanti.

Tidak hanya Andre, pada ajang ini, di kategori remaja/dewasa, Mimika juga diwaliki oleh Anastasia Yosinta Eanem. Anastasia bahkan terpilih sebagai juara favorit, namun sayangnya ia tidak diberangkatkan ke Bangkok.

"Puji Tuhan, Andre terpilih diantara tiga terbaik itu dan terpilih mewakili Indonesia pada pemilihan prince dan princess internasional di Bangkok Thailand. Kami juga bawah Anastasia dan dia berhasil raih juara favorit namun hanya tiga besar yang berangkat ke Thailand," Jelas Angga Rumende, Waka Kesiswaan Sekolah Asrama Taruna Papua.

Terkait Andre, Angga yang juga sebagai penanggung jawab teknis dan pendamping mengatakan mereka sangat berbangga karena pada kelas remaja/dewasa, Andre merupakan peserta termuda karena usianya baru 14 tahun.

Anastasia Yosinta Eanem, model asal Mimika yang berhasil meraih juara favorit Indonesian Award 2022

Di ajang ini, para jurinya berjumlah 13 orang dari berbagai elemen seperti model, artis dan lainnya. Andre mendapat pujian dari para juri atas prestasi yang ia torehkan.

"Dia merupakan satu-satunya peserta dari Papua. Penampilan andre juga membuat 13 juri dari berbagai elemen ini terpukau. Karena dia sangat menguasai bahasa inggris, public speakingnya bagus, dan secara pribadi selama tiga hari ini Andre dinilai sangat baik," ungkapnya.

Setelah lomba ini, sistim peminaan dan pelatihan Andre tidak dipusatkan di Jakarta namun akan kembali ke Mimika untuk dimatangkan.

"Dia akan kembali ke Timika dan kami tim yang sudah dibentuk akan terus membimbing dan membina dia supaya kemampuannya mencapai standar internasional terutama penguatan bahasa Inggris, public speaking, dan acting. Kita akan usahakan untuk ditingkatkan supaya pada level internasional Andre bisa menampilkan yang terbaik," jelasnya.

Walau kembali ke daerah namun Andre tetap akan terus dipantau dan mendapatkan perhatian dari panitia yang akan memberangkatkan kereka ke Bangkok nanti.

"Mereka (Lamatapo Manajemen Persada) akan suport Andre sepenuhnya termasuk tiket pulang pergi ke Thailand, akomodasi dan segala persiapan lainnya," ungkapnya.

Sebagai Wakil Kepala Kesiswaan Sekolah Asrama Taruna Papua, Angga Rumende juga mengatakan bahwa Andrianus Beanal merupakan salah seorang murid beprestasi di sekolahnya.

"Dia berprestasi. Karena prestasi sehingga dia dipilih sekolah untuk mengikuti Lomba Putera-Puteri Mimika pada Februari lalu yang diselenggarakan oleh Mambruk Model Manajemen," ungkapnya.

Dari ajang tersebut, Andre kemudian terpilih mewakili Mimika pada ajang tingkat nasional, Lomba Indonesian Model Award 2022.

Dua model Mimika, Andrianus Beanal dan Anastasia Yosinta Eanem bersama pembimbing dan pendamping mereka

"Dia tidak hanya pintar namun punya karakter dan attitude sangat bagus sehingga sekolah sangat mendukung dia," ungkapnya.

Di akhir wawancaranya, kepada BM, Angga Rumende mengatakan bahwa prestasi Andre sangat membanggakan karena berdekatan dengan momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei nanti.

"Sebagai pendidik, kami merasa bangga sekali karena mendekati momen Hari Pendidikan Nasional pada Mei nanti, putera terbaik Mimika boleh berbicara pada level nasional bahkan terpilih sebagai tiga terbaik mewakili Indonesia ke level internasional," ujarnya bangga.

"Ini merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa karena Andre masih sangat muda namun akan mewakili Indonesia di level internasional. Ini berarti besar kemungkinan pada tahun-tahun berikut, dia akan berbicara lebih banyak lagi," ungkapnya.

Orangtua Andreanus Beanal, Jafet Beanal yang juga adalah Ketua FPHS Tsingwarop mengaku sangat bangga dengan apa yang ditorehkan anaknya ini.

Sebagai orangtua, ia mengucapkan terimakasih kepada pembina, pendamping, kepala sekolah dan para guru Asrama Papua dan YPMAK dan juga PT Freeport Indonesia.

"Tanpa mereka, Andre tidak bisa menjadi seperti saat ini. Kami orangtua sangat bangga. Kami suport anak kami tapi di sekolah, merekalah yang jadi orangtua karena mereka yang membesarkan dan memahami bagaimana perkembangan anak kami," ujarnya.

Dibalik semua capaian Andre, Jafet Beanal mengatakan semua boleh terjadi karena karunia dan campur tangan Tuhan.

"Kami berterimakasih terutama kepada Tuhan karena Tuhanlah yang memberikan semua talenta itu dan akan memihara masa depan anak kami. Andre bisa, maka kita percaya, anak-anak Papua lain juga lebih dari pada bisa," ungkapnya.

"Prestasinya ini bukan hanya jadi kebanggan kami orangtua dan sekolah saja namun bagi Mimika dan Papua terutama suku Amunge dan semua di Kampung Tsinga, Waa dan Aroanop. Kami mohon doa semua orang agar Andre bisa membanggakan Indonesia di ajang internasional nanti," ujarnya sambil berharap. (Ronald Renwarin)

Top