Pj. Bupati Gomar Resmikan Gedung Kantor Distrik Obaa Kabupaten Mappi

Pj Bupati Mappi, Michael R Gomar saat melakukan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian kantor distrik. 

MAPPI, BM

Penjabat Bupati Kabupaten Mappi, Michael R. Gomar meresmikan gedung kantor Distrik Obaa yang baru guna meningkatkan mutu pelayanan publik.

"Kita bersyukur hari ini, kita melaksanakan pemberkatan sekaligus meresmikan gedung kantor Distrik Obaa yang baru selesai dibangun," ujar Pj Bupati Gomar dalam sambutannya pada Kamis (6/6/2024).

Dikatakan Pj. Bupati, kantor distrik merupakan pusat pelayanan publik karena yang paling banyak dalam hal pelayanan Publik berada di tingkat distrik.

"Misalkan dalam hal pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) itu tidak harus ke Kantor Disdukcapil tetapi pelayanannya bisa berlangsung di kantor Distrik, kedepannya harus seperti itu," ungkapnya.

"Tidak hanya di Kantor Distrik Obaa tetapi semua kantor Distrik yang ada diwiilayah Pemerintahan Kabupaten Mappi," lanjutnya.

Dengan demikian, menurut Gomar kantor Distrik bisa melayani tugas dan fungsi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Dibeberapa daerah lainnya kata Pj. Bupati hal seperti ini sudah berjalanan dan kewenangannya sudah dilimpahkan dari OPD teknis kepada kepala Distrik dalam hal pelayanan publik.

Hal seperti ini juga harus dilakukan di Kabupaten Mappi. Tujuannya apabila dilaksanakan di Distrik maka akses bagi masyarakat itu lebih mudah.

"Saya berharap kedepan kita bisa melaksanalan pelimpahan kewenangan pendelegasian tupoksi dari OPD teknis yang bisa dilakukan secara langsung oleh kepala distrik,"pungkasnya. (Red)

Top