Ratusan Peserta Seleksi PKD, Jalani Tes Wawancara

Peserta saat registrasi menunggu giliran tes wawancara 

MIMIKA, BM

Sebanyak 400-an orang yang mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi Pengawas Kelurahan dan Desa atau kampung (PKD) menjalani tes wawancara.

Tes wawancara dilakukan langsung oleh Badan Pemilu (Bawaslu) Mimika bertempat di Hotel Horison Ultima, Jumat (7/6/2024).

Menurut Ketua Bawaslu Mimika, Frans Wetipo tes wawancara ini akan berlangsung selama dua hari. Jumlah Pengawas Kelurahan dan Desa atau kampung yang akan diterima adalah 304 orang.

"Satu desa itu satu orang dan satu di daftar tunggu. Yang di daftar tunggu itu untuk jaga-jaga mana tau yang seorang tadi berhalangan," kata Frans.

Adapun materi yang ditanyakan saat wawancara adalah mengenai tugas dan fungsi Pengawas Kelurahan dan Desa atau kampung. Serta hal-hal yang berhubungan dengan Pemilu.

"Kadang kita salah tempatkan orang dan akhirnya jadi masalah dalam hal komunikasi. Minimal peserta harus yang berdomisili di tempat itulah. Supaya mereka tahu masyarakat di sana dan juga kenal dengan kepala desa," tambahnya.

Kata Frans, setelah tes wawancara selanjutnya akan ada Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi peserta yang sudah lulus. Sementara pelantikannya direncanakan minggu depan.

"Kami berupaya semaksimal mendapatkan figur terbaik, PKD bukan saja cakap, namun juga menguasai wilayah dan juga harus menguasai regulasi Pilkada, khususnya yang berkaitan langsung dengan kepengawasan. Tes wawancara ini kita lakukan secara detail dan teliti, bukan sekedar formalitas semata,"ungkapnya. (Shanty Sang)

Top