Tiga Proyek Multiyears Pemda Mimika Nilanya Fantastis, Rp979 Miliar

Jalan Budi Utomo, salah satu ruas jalan protokoler di Kabupaten Mimika

MIMIKA, BM

Pembangunan infrastruktur masih menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika.

Hal tersebut terbukti dengan adanya tiga proyek multiyears yang bernilai fantastis yang dikerjakan mulai tahun ini hingga 2024 oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mimika.

Ketiga proyek tersebut adalah peningkatan jalan SP 2-SP 5, Jalan Mayon, dan jalan lingkar luar Mile 32 hingga Gorong-Gorong.

Seluruh proyek tersebut akan berakhir pada tahun 2024 dengan total anggaran lebih dari Rp979 miliar.

"Untuk tahap pertama atau pada tahun 2022 ini akan dikerjakan peningkatan Jalan SP 2-SP 5 dengan anggaran sebesar Rp32 miliar dari total anggaran Rp447 miliar,” kata Sekretaris Dinas PUPR Inosensius Yoga Pribadi.

Pekerjaan jalan lingkar luar mile 32 hingga Gorong-Gorong total anggarannya Rp298 miliar. Pada tahap pertama tahun ini dianggarkan Rp28 miliar.

Sementara, untuk jalan Trans Nabire (Mayon) pada tahap pertama atau tahun anggaran 2022 ini dianggarkan sebesar Rp48 miliar dari total anggaran Rp234 miliar.

"Angka itu besar tetapi semua sudah sesuai dengan Engineering Estimate (EE) atau perhitungan biaya untuk suatu paket pekerjaan konstruksi yang dilakukan oleh konsultan perencana, dan dokumen perencanaan, jadi di dalam nilai itu berbagai komponen sudah dihitung, jangan sampai ada yang komentar lagi, kenapa besar sekali nilainya," jelasnya.

Ia menambahkan terkadang banyak pihak hanya melihat besaran nilai pembangunan, namun tidak tahu jika semua pembangunan telah dihitung secara rinci dan teknis oleh ahlinya (konsultan perencana).

"Kontrak multiyears ini kan mau PPN naik 11 persen, mau BBM naik atau tidak, tidak berpengaruh terhadap harga awal (total nilai kontrak). Jadi dalam perjalanannya kalau ada kenaikan, kontraktor harus tetap ikut harga awal, jadi itu kelemahan kontrak multi years," Ungkapnya. (Shanty)

Top