Dinas PUPR Bangun Talud dan Normalisasi Sungai Di 7 Titik. Ini Rincian Biayanya

 Sekretaria Dinas PUPR Inosensius Yoga Pribadi

MIMIKA, BM

Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) berencana membangun talud sebanyak 7 titik di tahun anggaran 2022.

Sekretaria Dinas PUPR Inosensius Yoga Pribadi saat dihubungi BeritaMimika.com Rabu (11/5) mengatakan, tujuh talud itu lima diantaranya merupakan usulan dari pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Mimika, sedangkan dua lainnya adalah program kerja Dinas PUPR.

Tujuh talud tersebut berada di Jalan Seroja belakang Dinas Kehutanan, RT 12 Jalan Sesean, RT 8 depan SPBU Nawaripi, belakang Pondok Pesantren Nurul Islam Mapurujaya, belakang Kantor Distrik Amar, dan pembangunan tanggul atau taut di gereja Advent SP4.

"Itu bukan pokir semua, Amar dan Advent itu program kerja dinas,” kata Yoga.

Besaran anggaran untuk talud di 7 titik ini juga bervariasi. Pembangunan talud untuk sungai di Jalan Seroja belakang Kantor Kehutanan sebesar Rp402 juta, Sungai di Jalan Sesean RT 12 sebesar Rp717 juta.

Sementara, sungai depan SPBU Nawaripi selain pembangunan talud juga dilakukan normalisasi dengan anggaran sebesar Rp595 juta.

Pembangunan talud sungai di Jalan Poros Mapurujaya belakang Ponpes Nurul Islam RpRp560 juta, Sungai Jalan Kelapa Dua dengan Rp560 juta.

Untuk dua sungai yang merupakan program dinas Talud di sekitar Gereja Advent SP 4 dianggarkan Rp1,1 miliar dan di belakang kantor Distrik Amar dianggarkan Rp1,3 miliar.

“Ini bukan Dana Alokasi Khusus (DAK) ya, ini APBD. Kita buat beberapa talut di sisi sungai tujuannya juga untuk mencegah erosi karena curah hujan di Mimika cukup tinggi,” katanya.

7 pekerjaan ini diprediksi baru akan dimulai bulan depan, karena saat ini Dinas PUPR masih melakukan perbaikan data yang diinput di LPSE.

“Pengerjaannya diprediksi bulan depan. Semuanya lagi berjalan, penysuuaan APS, terus tim Pokja juga mereka lagi persiapan dokumen-dokumennya,” jelasnya. (Shanty)

Top