Pemda Mimika Kembali Rumahkan Tenaga Honorer, Berikut Isi Suratnya

Surat pemberitahuan pegawai tidak tetap/tenaga kontrak

MIMIKA, BM

Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika kembali merumahkan tenaga honorer yang selama ini bekerja di lingkup pemerintahan.

Kebijakan merumahkan kembali para honorer ini didasari pada surat pemberitahuan nomor 800/40 perihal Pemberhentian Pgawai Tidak Tetap atau Tenaga Kontrak yang ditandatangani oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng tertanggal 12 Januari 2022.

Dalam surat tersebut tertulis, diberitahukan kepada seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika, bahwa dalam rangka penertiban dan penyesuaian Administrasi Manajemen Kepegawaian dan Evaluasi Kinerja Pegawai Tidak Tetap atau Tenaga Kontrak di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika, maka disampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Terhitung mulai tanggal 13 Januari 2022 Pegawai Tidak Tetap/Tenaga Kontrak
dirumahkan/diberhentikan.

2. Kepala Organisasi Perangkat Daerah akan melakukan evaluasi kinerja dan mengusulkan kembali nama-nama Pegawai Tidak Tetap/Tenaga kontrak berdasarkan penilaian Kinerja, Kedisiplinan, Loyalitas, Integritas dan dalam rangka mendukung Kinerja Organisasi dan Pelayanan Publik, ditujukan kepada Bupati Mimika melalul Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.

3. Sehubungan dengan point 2 tersebut diatas, Pegawal Tidak Tetap atau Tenaga Kontrak akan bekerja kembali sampai dengan waktu yang ditentukan setelah menandatangani kontrak kerja antara Pemerintah Kabupaten Mimika dan Pegawal Tidak Tetap/Tenaga Kontrak.

Didalam surat tersebut juga dijelaskan, Pegawai Tidak Tetap/Tenaga Kontrak yang tetap bekerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika adalah;

a. Tenaga Guru yang bekerja pada Sekolah Taman Kanak-kanak/PAUD/NI (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika,

b. Tenaga Kesehatan yang bekerja pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika.

c. Petugas Pemungut Pajak dan Retribusi Daerah yang bekerja di Lingkungan
Pemerintah Kabupaten Mimika.

d. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP), Petugas Penanggulangan Bencana Daerah, Petugas Dinas Perhubungan yang bekerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika.

Batas waktu penyampaian usulan Pegawai Tidak Tetap atau Tenaga Kontrak bulan
Februari Minggu Ke-3 kepada Bupati Mimika melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Hermalina Imbiri ketika dikonfirmasi via phone, Kamis (13/1] membenarkan adanya informasi tersebut.

Namun, saat ini pihaknya juga baru saja menyiapkan suratnya dan baru akan didistribusikan ke semua OPD.

"Kami baru mau kirim suratnya ke OPD-OPD," ujarnya.

Sementara itu, sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Inosensius Yoga Pribadi membenarkan telah menerima surat tersebut namun hanya melalui pesan singkat WhatsApp.

"Secara resmi kita belum terima tapi surat itu sudah dikirim via WA,”tutur Yoga saat dikonfirmasi.

Yoga mengaku, dengan diterima surat tersebut, Kepala Dinas PUPR memerintahkan kepada semua honorer di Dinas PU untuk mengikuti pertemuan internal di kantor guna di diberikan penjelasan.

"Kan honorer juga perlu dijelaskan juga maksud dari surat itu. Disitu kan juga nanti menyampaikan di minggu ketiga bulan Februari, jadi dengan pertemuan besok mau sampaikan itu,” kata Yoga.

Diketahui, di Dinas PUPR ada 10 tenaga kontrak yang sebelumnya juga sudah diusulkan dan sesuai dengan kebutuhan serta beban kerja.

"Jadi selama masa dirumahkan ini tapi kalau mereka mau kerja tidak dibayar, itu dari kesediaan mereka. Karena ada pekerjaan kita yang mereka juga terlibat," ungkapnya. (Shanty)

Top