Pemda Mimika Lakukan Ini untuk Perkuat Layanan Jaringan Internet di Pesisir dan Pedalaman

Kadiskominfo Mimika, Bram Kateyau

MIMIKA, BM

Kurang kuatnya jaringan komunikasi terutama di pesisir dan pedalaman Kabupaten Mimika menjadi perhatian pemerintah daerah untuk tahun ini dituntaskan.

Caranya ialah dengan membangun sarana jaringan internet agar komunikasi masyarakat dapat berjalan lancar.

Rencananya, pada 2022 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Komunikasi dan Informatika akan membangun BTS dan V-Sat di wilayah yang jaringan internetnya masih kurang.

Dua wilayah yang disebutkan akan mendapatkan fasilitas tersebut ialah Kampung Manasari di Distrik Mimika Timur Jauh dan Kampung Iwaka di Distrik Iwaka.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika, Bram Kateyau, Selasa (11/1).

Bram yang ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya mengatakan, penguatan jaringan di wilayah pesisir, utamanya di Distrik Mimika Timur Jauh perlu dilakukan karena wilayah laut daerah itu adalah perbatasan negara. Laut di wilayah itu berbatasan langsung dengan wilayah laut Australia Bagian Utara.

"Kami berencana membangun satu unit BTS di Kampung Manasari. Keluhan masyarakat di Kampung Iwaka juga kami perhatikan dengan merencanakan pembangunan V-Sat di wilayah itu," kata Bram.

Ia berharap, tak ada perubahan rencana sehingga program fisik setelah dua tahun ini tidak ada karena Pandemi, dapat berjalan baik. Sehingga masyarakat dapat lancar dalam hal komunikasi.

Sebelumnya ia menyatakan bersyukur karena pada Tahun 2022 ini pihaknya mendapat kucuran dana sebanyak Rp 22 Miliar untuk melaksanakan sejumlah program yang tercantum dalam Renja Dinas Kominfo.

"Selama dua tahun belakangan tidak ada pekerjaan fisik yang berjalan karena Pandemi. Baru tahun ini ada. Makanya kita berusaha agar program pembangunan BTS dan V-Sat dapat terlaksana," terangnya.

Selain wilayah pesisir, ia memastikan pula penguatan jaringan internet akan dilakukan di sejumlah wilayah pedalaman atau pegunungan. (Roberto).

Top