Pria Ini Curhat, Jalan Depan Rumahnya Kini Jadi Tempat Sampah

Tumpukan sampah yang menutupi sebagian jalan di Sam Ratulangi

MIMIKA, BM

Sudah hampir sebulan, sebagian jalan di Jalur I, Jalan Sam Ratulangi tepatnya sebelah perumahan Samsat menjadi tempat sampah dadakan.

Sampai kini, sampah semakin banyak menumpuk dan belum ada tanda-tanda akan diangkut.

Warga Jalan Sam Ratulangi bernama Nuzul Ramlan kepada wartawan yang menemuinya pada Selasa (11/1) sore mengeluh karena tumpukan sampah yang melebar itu menimbulkan bau tak sedap sampai di dalam rumahnya. Selain itu, tumpukan sampah mengundang banyak lalat.

Nuzul mengharapkan ada perhatian lebih dari pemerintah atau dinas terkait untuk meninjau dan menindaklanjuti masalah itu.

Karena menurutnya, sejumlah tempat di Jalan Sam Ratulangi juga mulai menjadi tempat sampah dadakan seperti yang terjadi tak jauh dari depan rumahnya itu.

Sampah-sampah itu diketahuinya mulai menumpuk setelah Natal Tahun 2021 lalu. Ia memperkirakan, sampah-sampah itu dibuang pengendara yang melintas menggunakan mobil atau motor pada malam hari.

"Saya sempat tegur beberapa yang buang sampah tapi dorang marah balik ke saya. Tadi juga saya sudah pasang kayu palang, tapi sudah dicabut karena mungkin kayu itu kecil saja," kata Nuzul.

Pria 29 Tahun itu juga mengatakan telah curhat mengenai masalah ini di media sosial seperti Facebook miliknya.

Di Facebook yang menggunakan nama dirinya itu, ia mengupload dua video yang berkaitan dengan tumpukan sampah.

"Saya tujuan buat video itu biar ada yang tanggapi. Semoga sampah ini bisa diangkut dan warga tidak datang lagi membuang sampah disini," terangnya.

Nuzul juga berharap masyarakat dapat membuang sampah di tempat yang telah tersedia. Ia menyebut, salah satu tempat sampah ada di Jalan Busiri.

"Kalau buang sampah jangan di tempat yang tidak ada bak sampahnya. Harusnya masyarakat bisa sadar untuk menjaga lingkungan tetap bersih," keluhnya.

Namun Nuzul kini lebih berharap ada perhatian dari pihak terkait seperti RT, RW dan kelurahan setempat untuk mengatasi masalah sampah yang mendadak muncul di pinggir jalan. Sampai saat ini ia juga mengaku belum bertemu dengan RT setempat untuk membahas masalah itu. (Roberto)

Top