Pernah Ditertibkan, Warga di Pasar Lama Kembali Berjualan! Kasatpol PP Sampaikan Ini

Kasatpol PP Paulus Dumais

MIMIKA, BM

Berkat kerjasama dan komunikasi yang baik antara Disperindag, TNI-Polri dan sejumlah OPD Pemda Mimika, Kadisperindag saat itu, Michael R Gomar mampu menertibkan para pedagang di pasar lama. Mereka bahkan telah direlokasikan ke pasar baru.

Sayangnya, setelah Gomar diangkat menjadi Sekda Mimika, tidak ada pagi perhatian serius terhadap perpindahn tersebut sehingga kini, para pedagang mulai kembali berjualan di ex pasar swadaya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Satpol PP, Paulus Dumais menyatakan hal tersebut dapat kembali dilakukan asalkan ada singergitas bersama antara sejumlah OPD terkait selain Disperindag.

Paulus Dumais, Senin (10/1) pagi mengaku selama ini pihaknya yang mempunyai tanggung jawab untuk menertibkan pasar lama. Namun, diakuinya harus ada tim lengkap.

"Kita dengan Disperindag dengan PU untuk menertibkan jalan itu. Juga tata kota harus membantu kita," kata Paulus.

Disinggung mengenai biaya pengawasan penjualan di Pasar Lama, Paulus menyatakan anggaran untuk melanjutkan pekerjaan di area tersebut tidak lagi ada.

"Biaya setelah itu sudah tidak ada lagi. Jadi kalau kita mau paksakan orang untuk melanjutkan pekerjaan disitu, konsekuensinya harus bayar mereka punya makan, minum. Disitu tidak tersedia," jelasnya.

"Sehingga atas inisiatif kita saja kalau mereka ada waktu baru mereka jaga. Karena pembiayaan untuk itu tidak ada," lanjut Paulus.

Ia berharap di Tahun 2022 ini akan ada anggaran untuk kegiatan tersebut sehingga pihaknya dapat berpadu dengan OPD lainnya termasuk Dinas Perhubungan untuk menjaga arus mudik di daerah itu.

"Karena arus transportasi kan mempengaruhi keramaian pasar itu. Selama ini kendaraan disitu tidak tahu apakah disitu jalan satu atau dua arah," sebutnya. (Roberto)

 

Top